RSUD Sultan Imanuddin Luncurkan Layanan Pos Stunting 

LAYANAN POS STUNTING-Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi bersama Mia Andriyani saat peluncuran Pelayanan Posting. FOTO TABENGAN/YULIANTINI

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, berinovasi dalam rangka mendukung penanganan kasus stunting, dimana RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menyiapkan Posting (Pos Stunting).

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Fachruddin mengatakan, layanan Pos Stunting ini baru diluncurkan dalam rangka memperingati hari jadi Ke-65 Kabupaten Kobar, dimana Posting ini sebagai bentuk dukungan dalam menurunkan angka stunting di Kobar.

“Layanan Posting merupakan layanan perawatan khusus bagi pasien stunting dengan gizi buruk, dan program ini salah satu terobosan terbaru di Kalimantan Tengah, layanan Posting merupakan inovasi yang digagas Mia Andriyani, S. Far Apt MPH selaku pejabat kepala bidang penunjang RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,” ujar dr. Fachruddin.

Fachruddin menyampaikan juga dengan adanya program Posting ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada orangtua pasien yang mengalami stunting dan juga di harapkan dapat menekan perluasan kasus stunting di Kobar.

Sementara itu Kabid Penunjang RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Mia Andriyani menyampaikan, inovasi ini diharapkan sebagai pilot projek di Kalimantan Tengah sebagai upaya penekan angka stunting.

“Pos Stunting ini tercipta untuk percepatan penurunan stunting melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, secara Nasional indikator dan target angka prevalensi stunting pada balita sebesar 14 persen di tahun ini, sementara untuk Kobar ditargetkan 12,49 persen, sementara pada tahun 2023 hasil survei Kesehatan Indonesia, bahwa prevalensi stunting di Kobar mencapai 17,9 persen sedangkan target yang ditetapkan sebesar 15,57 persen,” ujar Mia Andriyani.

Mia berharap dengan adanya ruangan Pos Posting ini  bisa dijadikan pusat data stunting, dan dapat juga memaksimalkan pelayanan perawatan pasien stunting sesuai dengan tematik Nasional perihal  pemberantasan kemiskinan dan penurunan angka stunting.

“Kami harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan Posting ini. Posting ini bukan saja sebagai wadah memberikan edukasi juga pusat data stunting, dan kami sangat bersyukur bapak Penjabat Bupati sangat merespon dengan adanya Posting ini, dukungan beliau pun begitu besar, samahalnya dukungan dari bapak direktur yang selalu memberikan kesempatan kepada kami untuk berani berinovasi demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mia Andriyani.c-uli