PILKADA LAMANDAU-Rizky-Hamid Menang, Jaringan Internet Lancar

SILATURAHMI-Calon Bupati Lamandau nomor urut 2 Rizky Aditya Putra bersama masyarakat Desa Sepoyu, Kecamatan Delang. ISTIMEWA

NANGA BULIK- Guna mengurangi tingkat kesenjangan informasi antara wilayah perdesaan dan perkotaan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lamandau, Rizky Aditya Putra-Abdul Hamid (Rizky-Hamid) berkomitmen menyediakan jaringan telepon seluler dan internet di desa-desa yang masih blankspot.

Rizky mengatakan, saat ini masih terdapat sebanyak 18 desa di Kabupaten Lamandau yang tidak terdapat sinyal telepon seluler dan 30 desa yang tidak ada sinyal internet telepon seluler. Bahkan, disebutkan untuk Kecamatan Batangkawa seluruh wilayahnya tidak memiliki sinyal telepon sama sekali.

“Selama 7 bulan terakhir kami sudah berkeliling ke seluruh desa di Lamandau. Masih banyak desa yang sulit jaringan telepon, apalagi internet, yang paling parah Kecamatan Batangkawa. Ini menjadi PR Rizky-Hamid ke depan agar masyarakat mudah mengakses informasi dan berkomunikasi,” ungkapnya.

Rizky melanjutkan, apabila dirinya terpilih menjadi Bupati Lamandau akan memperluas jaringan seluler ke tiap kecamatan dan desa. Sebab, dengan kemajuan teknologi saat ini jaringan seluler dan internet yang cepat sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kita akan mendorong sejumlah provider mendirikan BTS di perdesaan dan pelosok Program BTS 3T yang sempat terkendala harus dicarikan solusinya, karena bagaimanapun internet sangat dibutuhkan untuk promosi wisata maupun usaha masyarakat. Siapa tahu ke depan ada konten kreator yang muncul dari daerah pelosok,” tutur dia.

Disebutkan pula, jaringan seluler dan internet juga akan memperkuat digitalisasi desa dalam upaya mewujudkan e-governance dan e-government. Melalui digital, akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional.

“Akses telepon dan internet tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat, sehingga program ini perlu kita wujudkan bersama,” ujarnya. ist