Didukung Prabowo, Elektabilitas Agustiar-Edy Melesat Unggul Telak

DIDUKUNG PRABOWO-Elektabilitas Pasangan nomor urut 3, Agustiar Sabran-Edy Pratowo semakin kokoh di Pilgub Kalteng. Dukungan solid dari basis pemilih Prabowo Subianto mengangkat popularitas mereka.FOTO ISTIMEWA

JAKARTA/TABENGAN.CO.ID-Elektabilitas Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 3, Agustiar Sabran-Edy Pratowo semakin kokoh di Pilgub Kalteng. Dukungan solid dari basis pemilih Prabowo Subianto mengangkat popularitas mereka.

Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi mengatakan, itu adalah wujud nyata dari adanya Prabowo efek. Basis pemilih Prabowo-Gibran dinilai mampu menangkan Agustiar-Edy di Pilgub Kalteng 2024.

“Itu membuktikan bahwa Prabowo efek itu sangat berpengaruh, dan juga mmebuktikan bahwa dukungan Partai Gerindra sebagai partai pemenang Pilpres sangat ampuh memberikan dampak positif terhadap Agustiar-Edy,” ucap Ade, Selasa (22/10/2024).

Pada temuan survei Poltracking Indonesia periode 10-16 Oktober 2024, pemilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 paling banyak dukung Agustiar-Edy. Sebanyak 47,2 persen masyarakat yang memilih Prabowo-Gibran juga berikan dukungan kepada pasangan tersebut.

Menurut Ade, pasangan tersebut punya hubungan erat dengan Prabowo-Gibran. Keduanya merupakan Pasangan Calon (Paslon) yang dipilih langsung oleh Prabowo.

Sebab itu, sangat wajar jika pemilih Prabowo arahkan dukungan kepada Agustiar-Edy. Hal itu bagi Ade sangat berdampak positif terhadap pertumbuhan elektabilitas Agustiar-Edy.

“Karena memang, masyarakat yang mendukung Prabowo waktu di Pilplres kemarin memberikan dukungan penuh terhadap Paslon yang dipilih oleh Prabowo dan Gerindra,” ujarnya.

Dalam survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Agustiar-Edy berada di angka 43,5 persen. Kemudian di posisi kedua, Pasangan Calon (Paslon) 02 Nadalsyah Koyem-Supian Hadi 25,7 persen.

Di posisi ketiga, Paslon 01 Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya dengan 20,4 persen. Sedangkan Abdul Razak-Sri Suwanto berada paling bontot dengan 7,2 persen.

Temuan tersebut jadi bukti konkret besarnya kekuatan Agustiar-Edy di Pilgub Kalteng 2024. Potensi kemenangan keduanya semakin besar dan sangat sulit untuk dikalahkan.ist/red