Pemprov Kalteng Serahkan Bantuan Logistik kepada Pemkab Murung Raya

BANTUAN-Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng, Ahmad Toyib saat menyerahkan bantuan logistik kepada Pj Bupati Murung Raya Hermon. Foto istimewa

PURUK CAHU/TABENGAN.CO.ID– Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Ahmad Toyib menyerahkan bantuan logistik dari Pemerintah Prov. Kalteng kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya, bertempat di Posko Induk Penanganan Bencana Banjir pada Kantor Sekretariat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Murung Raya.

Penyerahan logistik tersebut diserahkan secara simbolis dan diterima langsung oleh Pj Bupati Murung Raya Hermon, yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya Fitrianul Fahriman, Kepala Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah Baru I Sangkai, dan disaksikan jajaran Pemkab Murung Raya, TNI/Polri, pejabat Administrator BPBPK Prov. Kalteng dan Pejabat BPBD Kab. Murung Raya.

Dalam kesempatan itu, Toyib menyampaikan bahwa BPBPK Prov. Kalteng berkoordinasi bersama Pemkab Murung Raya dan BPBD Kab. Murung Raya sebagai leading sektor penanganan bencana banjir ini. “Kami juga melakukan pemantauan lokasi banjir dan langsung bergerak mendirikan dapur umum serta mendistribusikan logistik kepada masyarakat sesuai instruksi Gubernur Kalteng,” ucap Toyib, Rabu (23/10/2024).

Toyib juga menuturkan, dalam penanganan banjir ini, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemkab Murung Raya, yakni terus melakukan evakuasi pengungsi terdampak banjir di wilayah Kecamatan Murung, baik itu ibu hamil, orang sakit, lansia, ibu-ibu dan balita dan terus melakukan update data korban terdampak banjir.

“Beberapa titik posko dan dapur umum yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya tersebar di beberapa wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Seribu Riam (Posko dan Dapur Umum) Rujab Camat Rumah Warga Muara Joloi I, Rumah Warga Muara Joloi II. Di Kecamatan Sumber Barito (Posko dan Dapur Umum) Kelurahan Tumbang Kunyi, Halaman rumah warga RT. 03 Desa Tumbang Molut, Halaman SD Tumbang Molut Kecamatan Permata Intan (Posko dan Dapur Umum) Kelurahan Tumbang Lahung, Halaman Rujab Camat Kelurahan Muara Bakanon Pelabuhan Muara Bakanon, Kecamatan Murung (Posko dan Dapur Umum) Posko Induk di Kantor BPBD Kab. Murung Raya. Dapur Umum juga berada di Kantor Kecamatan Murung, Mesjid Al Manar Mesjid At Taqwa Mesjid Al Jihad Mesjid As Sallam Desa Danau Usung Desa Batu Putih Desa Bahitom dan Kantor Desa Mangkahui,” bebernya.

“Terdapat juga beberapa titik posko kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya yang tersebar di Wilayah Kecamatan Murung, yaitu di Halaman Kantor BPBD Mesjid Al Manar Mesjid At Taqwa Mesjid Agung Al Istiqlal Depan Pasar Bahitom,” tambah Toyib.

Selain itu, dilaksanakan pula pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak banjir. Toyib juga mendorong dan mengimbau kepada camat di 6 (enam) Kecamatan yang terdampak banjir, untuk memerintahkan masing-masing Kepala Desa/Lurah untuk membuka dan melaksanakan dapur umum guna membantu dalam hal makanan siap saji bagi masyarakat yang terdampak banjir. Serta menyuplai logistik untuk keperluan dapur umum oleh BPBD Kabupaten Murung Raya, menyalurkan makanan siap saji kepada masyarakat yang terdampak banjir, dan melakukan suplai air bersih ke titik-titik dapur umum.

“Saya mengajak kita semua mendoakan semoga banjir ini segera surut, dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali seperti biasanya,” tutupnya.