Gerakan Pramuka Wahana Penting Pembentukan Karakter

BERI SEMANGAT PESERTA - Asisten Setda Lamandau Meigo didampingi Camat Sematu Jaya, memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta Kemah. FOTO ISTIMEWA

NANGA BULIK/TABENGAN.CO.ID – Gerakan Pramuka merupakan wahana yang sangat penting dalam pembentukan karakter generasi muda, terutama dalam mengembangkan semangat kebersamaan, kedisiplinan, dan kecakapan hidup.

Hal itu seperti disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Lamandau Said Salim, melalui Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan SDA Setda Lamandau, Meigo, saat memberikan sambutan pada pembukaan Kemah Manunggal Unjuk Prestasi Penggalang Tahun 2024, se-Kecamatan Sematu Jaya, di Bumi Perkemahan Desa Tri Tunggal, Kamis (24/10) lalu.

“Sebab, melalui kegiatan kemah ini, para peserta akan belajar untuk menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap diri sendiri, sesama, dan lingkungan,” ungkapnya.

Kemah Manunggal Unjuk Prestasi Penggalang, menurut Meigo juga sebagai ajang untuk mengasah kemampuan, keterampilan, serta sikap disiplin dan kerjasama para Pramuka Penggalang kita.

Kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga kesempatan untuk belajar dan memperkuat persaudaraan di antara sesama Pramuka. “Saya berharap, seluruh peserta bisa meningkatkan kecintaan pada alam, kepedulian sosial, dan semangat gotong royong, yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dirinya berpesan, agar seluruh peserta kemah untuk tetap menjaga semangat kebersamaan, sportifitas, dan kemandirian selama kemah berlangsung. “Jadikan pengalaman ini sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan,” tukasnya. c-kar