Minim Pembinaan, Dayung Kalteng Sukses Sabet Medali

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Cabang olahraga Dayung Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil membawa pulang 3 medali perunggu dalam kejuaraan nasional dayung junior Piala Presiden 2018 di Venue Dayung Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), 14-15 Juli 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

Ketua Umum Pengprov PODSI Kalteng Sipet Hermanto mengatakan, mengirimkan atlet putera dan puteri untuk mengikuti event tersebut dengan peserta 22 provinsi, sementara untuk pteri 12 provinsi. Medali perunggu berhasil diraih dari nomor 200 meter 12 orang putera, 200 meter 12 orang puteri dan 500 meter 12 putera.

“Empat nomor yang dilombakan, Kalteng masuk final semua, namun hanya 1 kelas yang tidak berhasil meraih medali yakni 200 meter 12 crew putera hanya menduduki posisi keempat,” kata Sipet, Senin (23/7).

Menuru Sipet persaingan sangat ketat, para juara hanya selisih sekian second saja. Untuk itu evaluasi kedepan, dengan melakukan pembenahan dalam hal pembinaan dan pelatihan yang lebih terarah dan terencana, serta didukung dengan penganggaran yang memadai, diyakini bisa mengimbangi daerah lain, baik di Pra PON dan PON, dengan catatan latihan intensif dan sarana prasarana pendukung juga harus memadai, kemudian anggaran latihan rutin ada, tinggal pemantapan fisik dan teknik, karena atlet masih junior yang memang minim pengalaman.

Atlet yang dikirim merupakan gabungan dari binaan PPLP dan PODSI Kalteng. Secara umum Sipet bangga atas prestasi itu, karena dengan prasarana dan dukungan penganggaran yang tidak memadai, lebih banyak kepada inisiatif sendiri untuk berlatih, patut bersyukur prestasi yang diraih cukup baik.

Awalnya, Pengprov PODSI Kalteng tidak yakin akan bisa mendapatkan prestasi medali, karena latihan yang tidak instensif serta tidak diiringi dengan pembiayaan yang memadai. Kedepan berharap akan sampaikan kepada Pemprov Kalteng.yml