SMC RS TELOGOREJO GANDENG IDI KOTAWARINGIN BARAT

*Gelar Seminar Update Terkini Jantung dan Bedah

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID –  Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kotawaringin Barat menggelar Seminar Medis dengan tema “Update Terkini Jantung dan Bedah Syaraf”. Kegiatan seminar ini digelar di Ballroom Hotel Brits, Jl. Ahmad Yani Km.2 Pangkalan Bun, pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 dan keesokan harinya dilanjutkan dengan Workshop ECG.

Seminar yang bertajuk tentang pengetahuan terkini kardiologi dan bedah syaraf ini, Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo menghadirkan dua narasumber yaitu dr. M. Yusuf Suseno Sp.JP, FIHA selaku dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang membawakan topik “Tata Laksana Terkini Sindroma Koroner Akut” dan Prof. dr. Zainal Muttaqin, Sp. BS, Phd selaku dokter spesialis bedah saraf yang mengangkat topik “Bedah Saraf Fungsional (Epilepsi, Movement Disorder, dan Kompresi Neurovaskular)”. Adapun narasumber dari IDI Kotawaringin Barat hadir sebagai pembicara yakni dr. Novie Widjaja, Sp.PD, FINASIM, MARS akan menyampaikan topik “Mencegah PJK dari Sindrom Metabolik” dan dr. Muhammad Azhary Lazuardy, Sp.BS dengan materi “Tata Laksana Pra-Hospital Pada Cedera Otak Traumatik”. Seminar tersebut dipandu oleh moderator dr. Maya Khrisna S., Sp.THT-KL.

Acute Coronary Syndrome (ACS) merupakan suatu masalah kardiovaskular yang utama karena menyebabkan angka perawatan rumah sakit dan angka kematian yang tinggi. Serta, epilepsi merupakan gangguan sistem persarafan sentral, yang mana aktivitas otak menjadi tidak normal. Gangguan ini dapat menimbulkan kejang hingga hilangnya kesadaran. Forum diskusi ini membahas tentang diagnosis dan tata laksana penanganan terkini ACS dan tindakan bedah syaraf untuk Epilepsi dan Tumor Otak, sehingga memberikan manfaat bagi peserta (Dokter) untuk menambah wawasan dalam bidang Cardiology (Jantung) & Bedah Syaraf.

Acara seminar medis ini diikuti oleh lebih dari 100 dokter umum dan dokter spesialis dari wilayah Kotawaringin Barat, dan luar Kotawaringin Barat, serta akan mendapat Satuan Kredit Profesi (SKP) bagi para peserta yakni 3 SKP IDI, tanpa dipungut biaya. Bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan workshop di hari Minggu, akan diadakan pula Musyawarah Cabang dan Pemilihan Ketua IDI Kotawaringin Barat.

Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo memiliki 3 program layanan unggulan yaitu layanan Jantung, Bedah Syaraf dan Bayi Tabung/IVF yang tentunya menyediakan jasa layanan kesehatan dari dokter dan tenaga medis yang berkompeten didukung dengan alat berteknologi tinggi. Untuk itu, beberapa rumah sakit menjadikan SMC RS Telogorejo sebagai referensi rumah sakit rujukan. Dan untuk memudahkannya, SMC RS Telogorejo berusaha memperluas jaringannya untuk membangun hubungan kerjasama dengan rumah sakit lain di luar Pulau Jawa.

Saat membuka Seminar, perwakilan dari Direktur Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo yakni Andreas Yunian Media Putro selaku manajer markom & humas mengatakan bahwa SMC RS Telogorejo membuka lebar pintu akses bagi rekan – rekan dokter di wilayah Kotawaringin Barat untuk kolaborasi dalam layanan di bidang Jantung dan Bedah Syaraf. Tindakan Jantung mulai diagnostik, Jantung Bocor, Kateterisasi Jantung hingga penanganan Bedah Jantung Terbuka, serta tindakan operasi bedah epilepsi hingga bedah minimal invasif untuk parkinson.

Informasi lebih lengkap seputar Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo bisa didapatkan melalui contact center 024 8646 6000 atau whatsapp 081 6666 340, dan melalui sosial media Instagram @rs.telogorejo, channel youtube SMC RS Telogorejo. Berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang (5 Menit dari simpanglima).c-uli