DPRD Apresiasi Masyarakat Masih Meriahkan Rangkaian HUT RI

Amirun, Anggota DPRD Kabupaten Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Kendati peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2023 sudah lebih sepekan berlalu, namun gema perayaannya masih bisa disaksikan di mana-mana. Baik di kantor-kantor pemerintah, swasta maupun di tengah-tengah masyarakat, yang berada di ibu kota kecamatan hingga di desa-desa.

Salah satu contohnya, menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Amirun, adalah seperti yang digelar oleh masyarakat di Jalan Soekarno Hatta Kereng Humbang, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan.

Seperti yang disaksikan bersama, kata dia, warga menggelar beberapa lomba, di antaranya lomba panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, membawa kelereng di dalam sendok makan dan lain sebagainya. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, 24, 25 dan 26 Agustus 2023.

“Kegiatan mereka bukan hanya sekadar meriah, tapi pengunjungnya pun sangat antusias menysksikannya,” kata Amirun.

Bahkan kalau dipikir, ujar Amirun, kegiatan seperti itu bukan hanya sekadar hiburan bagi masyarakat, tapi berdampak positif pula terhadap perekonomian masyarakat setempat. Karena, setiap digelarnya hiburan yang positif di suatu daerah, tentu saja masyarakat setempat mengambil kesempatan untuk menjual dagangannya.

“Terutama masyarakat yang biasa mendagangkan jajanan dan minuman ringan,” ujar legislator PDI Perjuangan ini.

Meskipun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, namun dirinya berharap bukan hanya pada momen ini saja, tapi bisa pula di momen-momen lainnya. Misalnya, usai perayaan hari besar keagamaan dan hari besar nasional lainnya.

“Namun, lombanya disesuaikan dengan momennya,” harapnya, seraya menyebutkan salah satunya, jika momennya jelang tahun baru Islam 1 Muharam, bisa digelar lomba azan, lomba pidato, lomba puisi, membaca surah Juz Amma dan lain sebagainya untuk anak-anak setingkat TK, SD dan SMP.

Begitu pula dengan momen hari besar agama lainnya, disesuaikan dengan momennya.

“Sedangkan untuk memberikan semangat kepada pesertanya, cukup kita berikan piagam penghargaan dan hadiah secukupnya dari panitia pelaksana,” saran anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. c-dar