DPRD Katingan: Kita Bukan Membangun Taman, Tapi Median Jalan

Fakhrudin ST, Anggota DPRD Kabupaten Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Sudah dua tahun, yakni 2022 dan 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat membangun median jalan lintas Trans Kalimantan di Jalan Tjilik Riwut yang masuk di wilayah Kabupaten Katingan.

Pembangunan median jalan tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara bertahap. Untuk tahap selanjutnya akan dibangun lagi pada tahun 2024 yang akan datang.

Terkait pembangunan median jalan yang sudah dua tahap tersebut, mendapat respons positif dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Fakhrudin ST.

“Saya sangat setuju dibangunnya median jalan tersebut. Karena, untuk mengantisipasi angka kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalan tersebut,” kata Fakhrudin.

Kendati mengaku setuju, namun untuk pembangunan median di tahap selanjutnya, dirinya meminta kepada Dinas PUPR setempat, agar diperkecil atau lebar mediannya dikurangi dari yang sudah dibangun tersebut.

“Karena, kita bukan membangun taman, tapi ingin membangun median jalan. Sehingga, tidak perlu dengan ukuran yang besar lebarnya,” katanya.

Dengan median jalan yang sudah dibangun tersebut, menurutnya tentu saja mempersempit ruas jalan untuk kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Tapi, dengan dikuranginya lebar median, di samping memperlebar ruas jalan, juga dapat mengurangi anggaran daerah.

Kesimpulannya, sesuai rencana tujuan awal dibangunnya pembangunan median jalan tersebut, menurutnya untuk meminimalisir angka kecelakaan bagi pengendara roda dua, roda empat dan roda enam yang melintasi jalan tersebut. Sehingga, dibangunlah median jalan secara bertahap.

“Jika timbul keinginan untuk memberi hiasan di sepanjang median jalan tersebut, cukup ditanami jenis bunga-bungaan saja,” ujar legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Selain median jalan, dirinya juga berharap pemasangan lampu di sepanjang median jalan yang pernah dijanjikan oleh Dinas Perkimtan Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu. Setelah rampungnya pembangunan median jalan yang sedang dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini bisa secepatnya dipasang.

“Tujuannya untuk memberikan penerangan kepada para pengendara yang melintasi di sepanjang yang ada mediannya itu,” harap anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. c-dar