Kapan Pemasangan Lampu Penerangan di Median Jalan?

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Fakhrudin

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Kapan pemasangan lampu-lampu penerangan di sepanjang median jalan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan di sepanjang Jalan Tjilik Riwut? Pertanyaan ini dilontarkan oleh sebagian besar masyarakat Kasongan khususnya dan masyarakat Katingan pada umumnya, dan dilanjutkan oleh anggota DPRD Kabupaten Katingan Fakhrudin kepada sejumlah awak media.

Menurut wakil rakyat yang biasa dipanggil Udin ini, pembangunan median jalan harus disertai dengan pemasangan lampu di sepanjang jalan tersebut. Tujuannya, untuk memberikan penerangan bagi pengendara yang melintasi ruas jalan tersebut. Sehingga, para pengendara mengetahui kalau melintasi jalan tersebut ada median jalannya.

Dia mengakui, pekerjaan pembangunan median jalan wewenangnya Dinas PUPR. Sedangkan pemasangan lampu-lampunya yang berwenang adalah Dinas Perkimtan. Namun, dalam pemasangan lampu di sepanjang median tersebut sebaiknya tidak harus menunggu selesainya pekerjaan median jalan.

“Tapi bisa saja, perencanaannya dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan median jalan,” ujarnya.

Sehingga, pada tahun yang sama, begitu pekerjaan pembangunan median jalan selesai, lampu-lampu penerangannya bisa di pasang pada tahun yang sama, meskipun di penghujung tahun.

“Karena, pemasangan lampu-lampu tersebut waktunya tidak lama,” terang legislator PAN ini.

Kalau sudah telanjur, menurutnya tidak masalah, tapi untuk di tahun-tahun mendatang, jika ada wacana untuk menambah atau melanjutkan pembangunan median jalan lagi, diharapkan perencanaan untuk pemasangan lampunya bersama-sama pada tahun yang sama.

Terkait dengan keberadaan median jalan yang sudah terbangun saat ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi pengguna jalan. Namun, alangkah baiknya jika di sepanjang median jalan tersebut dipasang lampu-lampu sebagai penerang jalan, meskipun lampu-lampu tersebut hanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Karena, keberadaan median jalan yang disertai pemasangan lampu tersebut merupakan salah satu mamfaat untuk mengurangi dan mengantisipasi angka kecelakaan,” pungkas anggota dewan asal dapil I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. dar