Waket I DPRD Minta DLH dan Kecamatan Tangani Sampah di Tumbang Samba 

Waket I DPRD Katingan Nanang Suriansyah

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Wakil Ketua (Waket) I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah SP minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan dan pihak Kecamatan Katingan Tengah tangani masalah sampah yang menumpuk di Jalan Minun Dehen – Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Permintaan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, di ruang loby DPRD setempat, baru-baru ini.

Tumpukan sampah tersebut, menurutnya berada di sekitar bahu Jalan Minun Dehen, Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, dengan volumenya diperkirakan hampir satu ton lebih. “Tumpukan sampah yang berada di luar TPS tersebut saya saksikan sendiri saat saya melaksanakan kunjungan dalam rangka reses baru-baru tadi,” kata Nanang.

Dengan tumpukan sampah seperti itu, jika tidak segera ditangani, menurutnya tidak saja merusak pemandangan ibu kota Kecamatan Kecamatan Katingan Tengah, tapi dikhawatirkan akan berpengaruh pula terhadap kesehatan masyarakat setempat. Pasalnya, sampah selalu mendatangkan berbagai penyakit.

“Lantaran sampah selalu dikerumuni berbagai binatang seperti lalat, ulat, nyamuk dan binatang lainnya,” sebut legislator parpol berlambang pohon beringin ini.

Padahal, menurutnya, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk sampah di Tumbang Samba tersebut sudah sejak lama, namun tetap saja sampah-sampah tersebut setiap harinya menumpuk. “Oleh karena itu, kepada Pemerintah Kecamatan Katingan Tengah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, agar menangani secara khusus masalah sampah tersebut,” ingatnya.

Jika dalam penanganannya ada kendala seperti kurangnya tenaga, TPS, armada pengangkut dan kurangnya anggaran untuk memberikan insentif kepada tenaga pengangkut dan segala macamnya menurutnya pihak kecamatan setempat segera berkoordinasi dengan DLH. Sehingga, DLH bisa merencanakan anggarannya untuk diajukan ke tim anggaran. “Saya akan tetap mendukung,” ujarnya.

Kita tahu, lanjutnya, volume sampah di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah ini lebih banyak dibanding dengan daerah daerah dan Kecamatan lainnya. Karena, selain jumlah penduduknya yang banyak, jumlah pertokoan dan lapak yang berdagang di sana pun jauh lebih banyak dari pasar yang ada di kota Kasongan Kecamatan Katingan Hilir.

“Sehingga, volume sampahnya juga lebih banyak,” aku politikus asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini dar