Tingkatkan Sektor Pariwisata

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Muhamad Efendi

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhamad Efendi SHut, meminta kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpor) Kabupaten Katingan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Katingan.

Dengan meningkatnya sektor pariwisata, menurutnya tentu saja akan berimbas terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena, selain adanya pemasukan dari wisatawan atau pengunjung yang membayar uang masuk di obyek wisata tersebut, juga pemasukan retribusi dari masyarakat yang menjual dagangannya di sekitar obyek wisata tersebut.

“Bahkan, ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata itu pun ikut meningkat pula,” katanya.

Jika sektor pariwisata ini terus ditingkatkan setiap wilayah kecamatan hingga di tingkat desa, dampak yang paling merasakan peningkatannya menurutnya justeru masyarakat di pedesaan. Oleh karena itu, bagi masyarakat di masing-masing desa agar bisa melibatkan dirinya untuk ikut melakukan pendataan kawasan yang sekiranya dapat dijadikan obyek wisata.

“Kemudian bisa dilaporkan ke Disbudparpor setempat, untuk dilakukan survei,” ungkap legislator Partai Demokrat ini.

Dia berharap kepada Disbudparpor setempat, jika ada masyarakat menemukan kawasan yang berpeluang untuk dijadikan obyek wisata dan diajukannya sebagai obyek wisata, sebaiknya bukan hanya sekadar direspon saja, tapi ditindaklanjuti dengan melakukan survei. Sehingga, masyarakat akan lebih bersemangat lagi untuk mencari kawasan-kawasan yang dapat dijadikan obyek wisata.

Jika dari hasil survey memang layak untuk dijadikan obyek wisata, lanjutnya, sebaiknya Disbudparpor setempat berupaya untuk membuat laporan kepada Pj Bupati Katingan. “Sehingga, dasar tersebut bisa menjadi pertimbangan Pj Bupati,” harap anggota dewan dua priode ini. dar