Tingkatkan Mutu Pelayanan Bidan

Anggota DPRD Barsel Putri Siti Rochamati

BUNTOK/TABENGAN.CO.IDAnggota DPRD Barsel Putri Siti Rochamati meminta kepada seluruh bidan di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) untuk terus meningkatkan pelayanannya.

“Hal itu dalam rangka untuk percepatan  penurunan kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) angka kematian balita (AKABA),” ujar  Putri Siti Rochamati, kepada wartawan, beberapa hari lalu.

Putri sapaan akrabnya itu menambahkan, untuk menurunkan AKI, AKB dan AKABA, maka diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Barsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel agar terus meningkatkan mutu pelayanan terutama para bidan.

Peran bidan dalam menyelamatkan ibu dan bayi saat persalinan sangat besar, keberadaan mereka di tengah-tengah masyarakat sangatlah diharapkan. Untuk itu para bidan di Barsel dapat lebih meningkatkan pelayanan dan tanpa melihat waktu kendati siang walaupun malam saat ada masyarakat yang membutuhkan.

Politisi Partai Demokrat Barsel itu menambahkan, bidan harus melaksanakan tugas tanpa pamrih, sebab jika bidan tidak melaksanakan tugasnya dengan baik angka kematian terhadap ibu dan bayi yang melahirkan akan sangat tinggi.

Karena itu, agar angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan, para bidan yang bertugas di Puskesmas maupun Pustu untuk senantiasa memberikan pertolongan kepada ibu akan melahirkan, tanpa melihat waktu dan hari.

”Diharapkan kepada bidan jika ada orang membutuhkan pertolongan akan melahirkan segeralah datang dan segera berikan bantuan serta jangan diabaikan pertolongan itu, karena itu adalah tugas seorang bidan,” harapnya.c-lis