Massa AMPD Demo Dukung KPU Kalteng

DEMO-Massa yang tergabung dalam AMPD Palangka Raya menggelar aksi damai di Kantor KPU Kalteng, Sabtu (24/2). TABENGAN/FERRY WAHYUDI

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Belasan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Palangka Raya mendatangi Kantor KPU Kalteng untuk melaksanakan aksi damai, Sabtu (24/2).

Dalam aksinya, massa bermaksud untuk mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu dan menolak provokasi, isu hoaks yang memecah belah dan menciptakan suasana aman dan damai di Bumi Tambun Bungai.

Sejumlah spanduk dan poster bertuliskan dukungan terhadap penyelenggara Pemilu turut dibentangkan dalam aksi tersebut.

Di antaranya bertuliskan KPPS, PPS, PPK, dan KPU adalah pejuang demokrasi. KPPS telah bekerja dan berkorban jiwa dan raga untuk kita semua Kalteng damai.

Ayo dukung penyelenggara Pemilu Kalteng damai Bumi Tambun Bungai. Dan paling mencolok tulisan Jangan asal nuduh penyelenggara Pemilu curang, Kalteng damai, Pemilu sukses.

Koordinator Lapangan Joni menyampaikan, pada aksi itu pihaknya juga turut berbela sungkawa atas meninggalnya sejumlah anggota KPPS dalam perhelatan Pemilu 2024.

“Kami mendukung dan membela petugas KPPS, PPS, PPK dan seluruh penyelenggara Pemilu yang selama ini telah berjuang untuk bangsa dan negara dalam Pemilu tahun 2024,” katanya.

Ia pun menginginkan agar  KPPS, PPS, PPK dan seluruh penyelenggara Pemilu tidak dituduh melakukan kecurangan karena mereka adalah pejuang demokrasi yang sesungguhnya, yang telah berkorban bahkan nyawa untuk terselenggaranya Pemilu 2024.

“Mari kita tolak provokasi isu hoaks yang memecah belah dan ciptakan suasana aman dan damai di Bumi Tambun Bungai. Kami meminta kepada KPU Kalteng agar menolak tindakan provokasi, isu hoaks yang memecah belah dan merusak suasana aman dan damai. Kami meminta kepada KPU Kalteng agar selalu bekerja profesional dan jangan mau diintervensi dari pihak mana pun,” tegasnya.

Kedatangan massa disambut hangat Ketua KPU Kalteng Sastriadi.  Ia menerangkan, penyelenggara tahapan Pemilu berjalan aman, meskipun ada sejumlah PSU dan pihaknya juga komitmen untuk melaksanakan sesuai aturan hukum yang sudah ditentukan.

”Semua berjalan aman, kondusif dan lancar walaupun ada beberapa TPS yang PSU. Saya mewakili seluruh anggota KPU  Kalteng menyampaikan duka dan belasungkawa atas meninggalnya anggota KPPS pada saat bertugas dalam pelaksanaan Pemilu. Berharap agar Pemilu 2024 ini berlangsung aman damai dan jujur,” kata Sastriadi. fwa