PDIP Kuasai Kobar, Golkar Menang di Lamandau dan Pulpis

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berdasarkan hasil Pemilu 2024, bakal menguasai kursi DPRD Kobar dengan perolehan 32.382 suara. PDIP akan mendapatkan 7 kursi dari 30 kursi yang tersedia.

Kemudian Partai Golkar mendapatkan 6 kursi dengan perolehan 29.367  suara, Partai Gerindra 6 kursi dengan jumlah 24.313 suara, Partai NasDem 3 kursi dengan perolehan 12. 850 suara. PKB 2 kursi dengan perolehan suara sebanyak 12.345 suara.

Selanjutnya, PKS 1 kursi dengan perolehan 6.928 suara, PAN 2 kursi dengan perolehan 9.420 suara dan Partai  Demokrat mendapatkan 3 kursi dengan perolehan 14.989 suara.

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar belum mengumumkan pemenang Pemilu, akan tetapi bisa dilihat  dari hasil penghitungan suara di tingkat PPK dan sebagai pemenang dipegang oleh PDIP. Perolehan suara PDIP untuk kursi DPRD Kobar bertambah 1 kursi dari hasil Pemilu 2019 yang hanya 6 kursi

Sedangkan Partai Golkar bertahan 6 kursi, dan Partai Gerindra bertambah 1 kursi jadi 6 kursi. Pada tahun 2019 Partai Gerindra hanya memperoleh 5 kursi.

Selain itu, para caleg yang bakal duduk di kursi DPRD Kobar didominasi wajah baru. Meski petahana masih tetap terpilih, seperti Mulyadin yang saat ini sebagai Wakil Ketua I DPRD Kobar, Ade Ridho dari Fraksi PKS, dr Ery Eryansyah dari Fraksi Partai Golkar, Indra Sani dari Fraksi PKB, Mina Irawati dari Fraksi PDIP, Siti Mukaromah dari Fraksi PDIP, Sri Lestari dan Hj Hatnati dari Fraksi Partai Gerindra, Sutiyana dan Syamsuri dari Fraksi Partai Golkar, Musawer dari Fraksi PKB dan Prasetyo dari Fraksi NasDem.

Ketua DPD Partai Golkar Lamandau H Hendra Lesmana

Golkar di Lamandau

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Lamandau mengklaim Partai Golkar berhasil meraih suara terbanyak pada Pemilu serentak 2024.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Lamandau H Hendra Lesmana. Dia menyebut, dari penghitungan internal pihaknya, Golkar meraup 19.158 suara di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Lamandau.

“Selain kita menunggu hasil resmi dari KPU, kita juga melakukan penghitungan internal (DPD Partai Golkar). Alhamdulillah, kita (Golkar) memperoleh 19.158 suara di Kabupaten Lamandau,” ungkapnya.

Dengan perolehan suara sebanyak itu, Golkar diprediksi menjadi partai yang paling banyak menduduki kursi legislatif di DPRD Kabupaten Lamandau dibanding partai lainnya.

“Insya Allah di Dapil Lamandau 1 kita dapat 4 kursi, kemudian di Dapil Lamandau 2 sebanyak 3 kursi dan Dapil Lamandau 3 kita juga dapat 3 kursi. Sehingga total kita dapat 10 kursi dari 25 kursi yang ada di DPRD Lamandau,” jelasnya.

Bertambahnya jumlah perolehan kursi DPRD Lamandau juga diklaim oleh politisi Partai Gerindra, Vatrean Esaie. Dia menyebut, pada Pemilu 2024 ini Gerindra akan mendapat 5 kursi, atau bertambah 2 kursi dari sebelumnya yang hanya 3 kursi.

“Kami berdasar C1 dan form D pleno kecamatan. Jadi kami yakin dengan data kami untuk internal kami, bukan untuk keluar. Kalau hasil akhirnya yang sah, masih sama-sama menunggu tahapan pemilu dari KPU,” ucap Vatrean Esaie dari Partai Gerindra.

Untuk diketahui, di Kabupaten Lamandau sampai saat ini ada 1 PPK yang masih melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara, yakni PPK Bulik. Sementara, untuk 7 PPK yang lain telah selesai melakukan rekapitulasi.

Saat dikonfirmasi terkait rekapitulasi hasil pemungutan suara se-Kabupaten Lamandau, Ketua KPU Kabupaten Lamandau Wawan Kusnadi belum mau berkomentar banyak.

“Saat ini masih berlangsung rekapitulasi di tingkat PPK. Kita tunggu nanti kalau sudah selesai, kita sama-sama akan tau hasilnya,” ucap Wawan Kusnadi.

Ketua KPU Pulang Pisau Roby Hudin

Golkar Pertahankan Kursi Ketua Dewan Pulpis

Sementra itu, Hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau pada Pemilu Legislatif 2024 telah terlihat. Sebanyak 9 orang wajah baru bakal melenggang duduk di kursi DPRD Kabupaten Pulpis.

Dari hasil tersebut, pada Dapil I ada nama Dwi Saksono (PDIP) sebanyak 2.863 suara, Merkurius Galan (Demokrat) 1.246 suara, Nasrun Rambe (Gerindra) 1.684 suara, dan Hernal Ikis (PAN) 1.269 suara.

Kemudian di Dapil II ada James Patrick’s (PDIP) sebanyak 1.937 suara, Tarmui Rizal (Golkar) 2.151 suara, Suprapto (Golkar) 1.816 suara, Satria Wandi (Golkar) 1574 suara. Sedangkan di Dapil III Mastuni (PDIP) sebanyak 1.110 suara.

Sementara, 16 orang lainnya adalah caleg petahana. Di Dapil I Tandean Indra Bella (Golkar) 2.036 suara, Damek (PKB) 1.343 suara, Dwi Erlina (Nasdem) 1.864 suara, Yopi Sayriadi (PDIP) 1.910 suara, Arianson (Golkar) 1.431 suara, Dugan (PDIP) 1.737 suara, dan Wahyu Puji Astutik (PPP) 894 suara.
Dapi II H Ahmad Rifai (Golkar) 3.659, Jamilah (Demokrat) 2.126 suara, H Arif Rahman Hakim (PPP) 1.778 suara, H Ahmad Fadli Rahman (PDIP) 1928 suara, dan Ragil Ari Lusianti Supar (Gerindra) 863 suara. Sedangkan Dapil III Suhardi (Golkar) 1.848 suara, H Ahmad Jayadikarta (NasDem) 1.824 suara, Dewi Sartika (PPP) 1.598 suara, dan M Yamin Amur sebanyak 1.058 suara.

Secara keseluruhan, Partai Golkar unggul di Kabupaten Pulpis dengan meraih 7 kursi. Disusul PDIP dengan 6 kursi, PPP 3 kursi, NasDem 2 kursi, Demokrat 2 kursi, Gerindra 2 kursi, PKB 2 kursi, dan PAN 1 kursi. Dengan hasil ini, maka jabatan Ketua DPRD Pulpis masih dipegang Partai Golkar.

Ketua KPU Pulang Pisau Roby Hudin, Senin (26/2), mengatakan, untuk pleno perhitungan suara di tingkat Kabupaten Pulpis akan dilaksanakan Selasa, 27 Februari 2024 (hari ini), bertempat di Aula Bapperida, Jalan WA. Duha, Kecamatan Kahayan Hilir.

Setelah selesainya pleno rekapitulasi tingkat kabupaten, kata Roby, maka selanjutnya hasil tersebut akan disampaikan ke KPU Provinsi Kalteng, sehingga nantinya akan diplenokan kembali di tingkat provinsi.

“Untuk kabupaten/kota ini dibatasi terakhir pleno kabupaten pada tanggal 5 Maret 2024, dan kita alhamdulillah tahapan demi tahapan berjalan lancar,” pungkasnya. c-mye/c-uli/c-kar