PELAYANAN TERBAIK-Petugas layanan BPJS Satu ketika memberikan layanan kepada warga (IST
SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Untuk terus memberikan kemudahan kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sedang mendapatkan layanan pada RSUD dr. Murjani Sampit, BPJS Kesehatan mengadirkan petugas layanan BPJS SATU (Siap Membantu) yang siap menerima informasi dan menyelesaikan pengaduan bagi peserta yang ada di rumah sakit, Senin (4/3).
Kepala BPJS Kesehatan Kantor cabang Sampit Iwan Kurnia menyampaikan bahwa petugas BPJS Satu, merupakan pegawai BPJS Kesehatan yang memakai atribut khusus seperti rompi berwarna hijau dengan bertulisan BPJS SATU yang akan melakukan customer visit kepada peserta Program JKN yang sedang melakukan pengobatan di rumah sakit, baik rawat inap, rawat jalan serta peserta yang ada di IGD, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan feedback pelayanan yang dilakukan peserta untuk perbaikan layanan apabila ditemukan hal-hal yang dirasa kurang terhadap pelayanan yang diberikan.
“Selain itu petugas BPJS Satu juga siap memberikan informasi dan pengaduan serta siap menjadi penghubung antara peserta JKN dan pihak rumah sakit apa bila ada keluhan yang disampaikan dan harus segera ditangani oleh pihak rumah sakit,’’ ungkap Iwan Kurnia.
Iwan Kurnia juga menambahkan bahwa dengan adanya petugas BPJS Satu tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan program JKN di rumah sakit. Karena keluhan dan kebutuhan informasi yang disampaikan oleh peserta JKN, dapat diselesaikan dengan cepat.
Direktur RSUD dr. Murjani Sampit Sutriso juga menyamaikan bahwa kehadiran petugas BPJS Satu yang ada di rumah sakit merupakan komitmen bersama antara BPJS Kesehatan dan rumah sakit untuk terus memberikan kemudahan akses layanan informasi dan pengaduan yang mudah dan cepat kepada semua peserta Program JKN yang mendapatkan layanan kesehatan di rumah Sakit dr. Murjani Sampit. Diharapkan tentunya ini menjadi sumber informasi yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN apabila menemukan kendala layanan kesehatan ketika berobat di RSUD dr. Murjani Sampit.
“Selain ada petugas BPJS Satu kami pihak rumah sakit juga menyediakan satu staf Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit yang ada di loket informasi yang bisa di akses oleh Peserta selain itu ada juga poster yang terpasang di tempat-tempat strategis yang tercantuk kontak yang dapat di hubungi oleh pasien sehingga kapanpun dibutuhkan bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia.’’ Tutup Sutriso.
Junaidi Peserta yang sedang mendapatkan pelayanan kesehatan di Poliklinik Rawat Jalan RSUD dr. Murjani Sampit juga sangat mengapresiasi atas hadirnya petugas BPJS Satu yang ada di rumah sakit RSUD dr. Murjani Sampit, menurutnya sebelumnya dirinya sangat kesusahan dalam mengakses fitur pada aplikasi mobile JKN sehingga belum bisa memanfaatkan fitur layanan antrean online yang ada pada aplikasi mobile JKN, dan membuat ia harus datang ke rumah sakit sekitar pukul 06.00 WIB Pagi untuk mengambil nomor antrean di Poliklinik.
“Alhamdulillah tadi dibantu langsung oleh petugas BPJS Satu untuk melakukan registrasi pada aplikasi Mobile JKN yang sudah berhasil, sehingga untuk pengobatan selanjutnya saya bisa antri dari rumah dengan memanfaatkan fitur antrean online sehingga tidak perlu berlama-lama di rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan,’’ ungkap Junaidi.
Untuk mengakses layanan informasi dan pengaduan selain petugas BPJS Satu, peserta Program JKN juga dapat memanfaatkan layanan yang ada di Kantor cabang dan Kantor Kabupaten, serta layanan online seperti Aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan dan Media Sosial resmi BPJS Kesehatan.(MS)