Ketua DPRD Barut Hadiri Forum Kelistrikan

FORUM – Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini bersama Pj Bupati Barut Muhlis, saat menghadiri FGD kelistrikan, di Jakarta, pekan lalu. ISTIMEWA

JAKARTA/TABENGAN.CO.ID – Guna mempercepat relisasi pemenuhan kebutuhan listrik di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, Kementrian ESDM melalui Direktorat Jendral Kelistrikan menyelenggarakan FGD (Forum Group Discusion) yang dilaksanakan di Hotel Mulia Senayan Jakarta, pekan lalu. Hj Mery Rukaini selaku Ketua DPRD Barito Utara hadir dalam forum tersebut bersama Ketua Komisi III H Tajeri dan anggota DPRD Komisi III Hj Sofia.

Forum yang dihadiri oleh seluruh Bupati dan Ketua DPRD Se-Kalimantan dibuka  oleh Direktur Jendral Kelistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu, membahas tentang permasalahan kelistrikan serta merumuskan langkah-langkah strategis percepatan pengembangan kelistrikan di Kalimantan Tengah.

Dalam forum ini, Hj  Mery Rukaini menyampaikan Komitmen DPRD Barito Utara siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan langkah-langkah guna percepatan pemenuhan listrik kepada masyarakat, khususnya di Barito Utara. Ia mengharapkan PLN mengedepankan asas pemerataan pemenuhan kebutuhan listrik kepada masyarakat dan tidak hanya perhitungan untung rugi dalam penyusunan program kerja.

Kabupaten Barito Utara memiliki wilayah yang luas dengan tingkat kepadatan penduduk yang relatif rendah. “Namun di lain pihak kami dari DPRD juga mengharapkan dukungan penuh dari semua komponen di Barito Utara mulai dari camat, kepala desa dan tokoh masyarakat dan terkhusus kepada masyarakat bersinggungan dengan pembangunan infrastruktur jaringan kelistrikan, hendaknya memahami bahwa program kelistrikan ini bukan untuk kepentingan kita saat ini saja, tetapi merupakan bagian investasi jangka panjang untuk kebutuhan generasi yang akan datang,” kata Hj Mery Rukaini.

Ia menguraikan, listrik tidak hanya digunakan untuk penerangan tetapi lebih dari itu. Listrik sangat dibutuhkan  untuk menunjang pendidikan,  pengembangan usaha dan mendorong penciptaan lapangan kerja baru,  telekomunikasi dan sebagainya.  Hal senada juga disampaikan ketua Komisi II yang mendukung upaya percepatan pengembangan kelistrikan di Barito Utara.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara hasil FGD yang memuat komitmen bersama untuk mendukung percepatan pengembangan Kelistrikan di Kalimantan Tengah oleh semua peserta yang terlibat mulai dari Kementrian ESDM, Kementrian LKH, DPR RI, Kementrian BUMN , PLN, Pemerintah Provinsi, DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, serta Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten se-Kalimantan Tengah.  ist