Dewan Apresiasi Iklim Perpolitikan Cukup Kondusif

Anggota DPRD Murung Raya Akhmad Tafruji

PURUK CAHU/TABENGAN.CO.ID – Anggota DPRD Murung Raya Akhmad Tafruji menilai iklim perpolitikan di daerah itu cukup kondusif. Meski muncul banyak nama figur calon, namun situasi kamtibmas tetap terjaga baik. Bahkan perpolitikan di kabupaten bermotto Tira Tangka Balang ini cukup berwarna, terlebih dengan munculnya calon independen.

Akhmad Tafruji berpasangan dengan Pujo Sarwono, tokoh masyarakat sekaligus pensiunan ASN di lingkup Pemkab Mura. Keduanya maju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen. “Adanya calon dari jalur independen ini sebagai bukti bahwa politik di Kabupaten Murung Raya bersifat dinamis yang mencerminkan beberapa aspek penting dalam upaya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya, belum lama ini.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat tidak sepenuhnya bergantung pada partai politik untuk mencalonkan pemimpin mereka. Ini berarti ada keinginan yang kuat dari masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses politik dan menentukan pemimpin mereka tanpa intervensi partai politik,” kata Tafruji.

Adanya calon independen tentu mendorong semua pasangan calon untuk ada gagasan melalui visi dan misinya. Persaingan dalam Pilkada menjadi lebih kompetitif.  “Ini memaksa calon dari partai politik untuk meningkatkan kualitas kampanye dan program kerja mereka agar lebih menarik bagi pemilih,” ungkapnya lagi.

Politisi PAN ini mencontohkan secara konkret dari fenomena ini bisa dilihat di berbagai daerah di Indonesia, di mana calon independen berhasil memenangkan Pilkada. “Pilkada atau setidaknya memberikan persaingan ketat kepada calon dari partai politik. Misalnya, Ridwan Kamil yang berhasil menjadi Walikota Bandung pada tahun 2013 sebagai calon independen sebelum kemudian bergabung dengan partai politik,” ujarnya.

Secara keseluruhan, keberadaan pasangan calon independen dalam Pilkada adalah indikator, bahwa politik di daerah bersifat dinamis, adaptif dan mencerminkan kemauan serta aspirasi masyarakat yang lebih beragam.  ist