Bupati Kotim Harapkan P5 Tanamkan Nilai Pancasila Pada Pelajar

TANAMKAN NILAI PANCASILA-Bupati Kotim Halikinnor ketika meninjau hasil karya pelajar SMAN 4 Sampit (FOTO TABENGAN/SELVIA)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengharapkan kegiatan  panen karya  proyek penguatan profil pelajar pancasila dan pentas seni (P5) dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri para pelajar sejak dini.

Dimana dirinya menilai acara panen karya  merupakan bagian dari upaya semua dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila, sebuah konsep yang dirancang untuk membentuk karakter pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong-royong, dan berkebhinekaan global.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri para pelajar sejak dini, sehingga mereka tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan pada acara pembukaan P5 di SMA Negeri 4 Sampit, Kamis (20/6/2024).

Bupati sangat mengapresiasi para guru, tenaga pendidik, dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam mendampingi dan membimbing para siswa dan siswi.

Menurutnya usaha dan dedikasi para semua pihak telah menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Karena karya-karya ini tidak hanya menunjukkan kreativitas dan inovasi, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa.

“Khususnya, saya ingin mengapresiasi SMAN 4 Sampit yang merupakan salah satu sekolah penggerak angkatan ke II di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan ini merupakan hasil karya dari P5 yang selama 1 tahun dilaksanakan. tema kegiatan ini, “Bergerak bersama mewujudkan profil pelajar pancasila. Sangat relevan dengan tujuan kita untuk menciptakan pelajar yang unggul dan berkarakter,” terangnya.

Bupati juga berpesan kepada para pelajar sebagai generasi penerus yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi bangsa, untuk terus berkarya, belajar dengan tekun, dan jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Selain itu jadikanlah nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam setiap langkah yang diambil. Sehingga karya yang dihasilkan, sekecil apapun, adalah kontribusi yang berharga bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Adapun tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan karakter yang sesuai dengan semua dimensi profil pelajar pancasila. dengan karakter yang kuat dan berbudi pekerti luhur, kalian akan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” pungkasnya. (MS)