Ajarkan Arti Berkurban, Pelajar SDN 4 Ketapang Kumpulkan Uang Setiap Jumat

AJARKAN ARTI BERKURBAN -Para tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri 4 Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).FOTO ISTIMEWA

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Para tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri 4 Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) punya cara unik untuk mengajarkan arti berkurban untuk para anak didiknya.

Para tenaga pendidik di sekolah itu mengajarkan agar para pelajar menyisihkan sebagian rezeki nya setiap Jumat dengan nama program jumat berkah.

Dimana dari hasil perkumpulan uang dalam program tersebut telah berhasil untuk membeli hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriah ini.

Mereka  pun mengadakan syukuran dengan menggelar tausiah yang diberikan oleh Ustaz Alfiannur Hamid dan makan bersama pelajar , tenaga pendidik dan keluarga besar di SDN 4 Ketapang pada Kamis (20/6/2024).

Kepala SDN 4 Ketapang Nursinah mengatakan uang yang dikumpulkan dalam program Jumat berkah tersebut dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun. Untuk nominal uang yang dikumpulkan tidak ditargetkan oleh pihaknya namun seikhlasnya dari para pelajar.

“Kita tidak pernah mematok besarannya jadi ada yang seribu, dua ribu yang penting mereka ikhlas,” ucapnya.

Menurutnya, selama satu tahun itu terkumpul uang sebanyak Rp22 juta lebih yang kemudian dibelikan hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi oleh pihaknya. Dirinya berharap kegiatan ini dapat berjalan terus menerus setiap tahunnya.

Sebab, pihaknya ingin program ini dapat mengajarkan kepada anak didik mereka mengenai arti berkurban dan juga berbagi dengan bersama dengan cara gotong royong.

“Disini juga anak-anak didik dapat belajar ikhlas berbagi dengan sesama, dan semoga dapat menjadi kebiasaan baik bagi mereka nantinya,” pungkasnya. (MS)