Kotim Miliki Posyandu Lansia di 17 Kecamatan

POSYANDU LANSIA-Bupati Kotim Halikinnor ketika menghadiri acara peringatan HUT lansia Kotim di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim (FOTO TABENGAN/SELVIA)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) telah mendirikan posyandu lanjut usia (lansia) di 17 Kecamatan yang ada di wilayah ini.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan saat ini, semua Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah memiliki posyandu lansia. Begitu juga sebagian besar kelurahan dan desa. Sebab keberadaan posyandu lansia dinilainya berperan penting dalam menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat.

“Posyandu lansia menyediakan layanan kesehatan seperti pemeriksaan fisik, penyuluhan kesehatan, kegiatan olahraga, dan kegiatan non-fisik yang meningkatkan interaksi sosial,” ujarnya, saat menyampaikan sambutan pada acara hari ulang tahun ke 28 lansia  Kotim yang digelar di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, Jumat (21/6/2024).

Untuk itu, Bupati mengajak agar warga yang sudah lanjut usia (lansia) di wilayah ini dapat secara aktif datang ke posyandu lansia. Sebab dengan datang secara rutin ke posyandu lansia, kesehatan para lansia lebih terpantau.

Disamping itu, di posyandu lansia juga warga dapat saling bersilaturahmi dengan sesama lansia yang juga datang di tempat itu.

“Posyandu lansia adalah salah satu inisiatif penting yang membantu menyediakan perawatan kesehatan dan kegiatan sosial untuk lansia di masyarakat. Untuk itu kita dorong untuk selalu dimanfaatkan,” terangnya.

Posyandu lansia dinilainya tidak hanya menjadi tempat pelayanan kesehatan, tetapi juga ajang silaturahmi bagi lanjut usia.

Namun juga, ada beberapa kendala dan tantangan dalam mengajak lanjut usia ke posyandu , baik karena keterbatasan pengetahuan maupun informasi.  Hal ini ujar Bupati, menjadi tanggung jawab  semua untuk mendorong lanjut usia memeriksakan kesehatan secara berkala, setiap satu bulan sekali, agar lansia dapat hidup lebih baik.

“Kita harus menghargai dan merawat generasi kita yang lebih tua. Mereka telah memberikan kontribusi besar dalam membangun masyarakat kita, dan sekarang adalah tanggung jawab kita untuk merawat mereka dengan baik,” tuturnya. (MS)