208 ASN Kotim Pensiun Tahun Ini

PENSIUN-Bupati Kotim Halikinnor Wabup Irawati ketika menyerahkan SK pensiun kepada ASN yang purna tugas, beberapa waktu lalu. TABENGAN/MAYA SELVIANI

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Tahun 2024 ini ada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang akan memasuki masa purna bakti atau pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Kamaruddin Makkaleppu mengungkapkan, di tahun 2024 ada 208 orang ASN yang memasuki batas usia pensiun (BUP).

Beberapa di antaranya berasal dari kalangan Pejabat Eselon II dan juga Eselon III. Untuk pejabat Eselon II seperti Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suparmadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Machmoer, Kepala Satpol PP Fuad Siddiq, Sekretaris DPRD Kotim M Yusuf dan Sekda Kotim Fajrurrahman.

“Kalau untuk Eselon II ada sekitar 5 orang yang memasuki BUP pada tahun 2024 ini, namun total ASN yang pensiun ada sebanyak 208 orang,” ujarnya, Jumat (21/6).

Banyaknya ASN yang purna tugas tiap tahunnya, membuat jumlah ASN Kotim terus berkurang. Selama ini untuk menutupi kekurangan pegawai terutama di sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), menurut masing-masing SOPD mengeluarkan kebijakan dengan merekrut tenaga kontrak yang masa kerjanya diperpanjang setiap satu tahun sekali.

“Walaupun begitu, kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya. c-may