Ketua KPU Kalteng Pimpin Apel Pantarlih 

APEL PANTARLIH-Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Sastriadi secara simbolis mengenakan atribut kepada Petugas Pantarlih yang baru di Lantik dan mulai melaksanakan tugasnya pada tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 25 Juli 2024. (FOTO TABENGAN/YULIANTINI) 

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah Sastriadi pimpin langsung apel Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dihalaman kantor KPU Kotawaringin Barat, apel tersebut sebagai tanda dimulainya coklit (Pencocokan dan Penelitian) data DP4 (Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilihan) Pilkada Serentak Tahun 2024.

Dalam arahannya, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Sastriadi menyoroti pentingnya tugas Pemutakhiran Data tersebut, karena hasil coklit itu untuk menentukan jumlah logistik dan kebutuhan Pilkada berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

“Tugas Bapak Ibu ini sangat krusial dalam melaksanakan coklit, karena Daftar pemilih yang akurat menjadi basis data utama Pilkada. Oleh karena itu, kerjakan tugas sesuai pedoman yang telah diberikan,” kata Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Sastriadi, Senin (24/6).

Sastriadi juga mengingatkan, petugas Pantarlih bisa berkordinasi, karena dengan adanya koordinasi dapat  mengatasi kendala di lapangan.

“Jika ada masalah, segera komunikasikan dengan PPS (Panitia Pemungutan suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), sehingga berkoordinasi Ini sangat penting untuk memastikan bahwa data pemilih yang kita hasilkan benar-benar berkualitas,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, kegiatan Pelantikan dan apel ini menandakan  dimulainya tugas penting untuk memastikan data pemilih yang valid, yang akan berdampak pada kelancaran dan keberhasilan Pilkada di Kalimantan Tengah.

Untuk itu Lanjutnya, Para petugas Pantarlih diimbau untuk menjaga kesehatan dan bekerja dengan penuh dedikasi, demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

“Dengan semangat yang tinggi, para petugas diharapkan menjadi pahlawan demokrasi yang mampu menghadirkan pemimpin yang peduli terhadap rakyat dan mampu mewujudkan kesejahteraan serta keamanan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah,” beber Sastriadi. (Yulia/Kon)