Bupati Pantau Proses  Normalisasi Sungai Mentawa

NORMALISASI SUNGAI MENTAWA-Bupati Kotim Halikinnor ketika meninjau proses normalisasi sungai (FOTO TABENGAN SELVIA)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor memantau proses normalisasi sungai Mentawa di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (24/6/2024). Proses normalisasi sungai tersebut yang dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP), setempat dilakukan menggunakan alat berat jenis eksavator amphibi sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, dalam mengatasi banjir di wilayah perkotaan.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan normalisasi sungai yang berada di wilayah Kecamatan Baamang.

“Untuk saat ini kita lakukan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, normalisasi ini dilakukan bertahap sampai di bagian muaranya sehingga jika hujan atau air pasang terjadi air tidak meluap dan menggenangi jalanan atau rumah-rumah warga,” ujarnya.

Disamping itu, dirinya juga mengimbau kepada seluruh warga di Kecamatan tersebut agar tidak membuang sampah di sungai. Sebab selama proses pengerukan dilakukan menurutnya sebagian besar hasil kerokan didominasi dari timbunan sampah warga yang banyak dibuang di sungai.

Halikin melarang warga untuk menambah bangunan terutama di area pinggir-pinggir sungai. Untuk itu Halikinnor meminta kepada Camat Mentawa Baru Ketapang, Lurah dan RT setempat untuk dapat mendata kembali pemilik bangunan yang bangunannya berada di pinggir-pinggir sungai.

“Kita lakukan penjajakan terlebih dahulu melalui pihak Camat ,Lurah dan RT setempat kepada warga. Nanti kita akan siapkan anggaran untuk memberikan kompensasi atau ganti rugi kepada pemilik bangunan untuk dapat membongkar bangunan yang berada di pinggir-pinggir sungai,” tandasnya. (MS)