Petugas Pantarlih Datangi Ketua DPRD Kobar 

COKLIT-Ketua KPU Kobar Chaidir, Ketua KPU Kalteng Sastriadi bersama petugas Pantarlih saat melakukan coklit di rumah Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali. FOTO TABENGAN/YULIANTINI

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Di hari pertama kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kelurahan Mendawai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) ke kediaman Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, M. Rusdi Gozali.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Sastriadi, Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Barat, Chaidir, dan Anggota KPU Divisi Hukum Pengawasan, Hairul Anwar. Coklit dilaksanakan di rumah Ketua DPRD yang beralamat di Jalan Pangeran Antasari RT 03 Kelurahan Mendawai.

Ketua KPU Kobar, Chaidir, menjelaskan kegiatan ini menandai dimulainya proses coklit serentak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan bupati dan wakil bupati Kotawaringin Barat Tahun 2024.

“Kegiatan coklit ini digelar serentak oleh 746 Pantarlih di enam kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat, dimulai tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 24 Juli petugas akan melakukan coklit kesetiap rumah warga,” kata Ketua KPU Kobar Chaidir.

Chaidir juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

“Jika petugas kami datang, jangan lupa siapkan KTP Elektronik dan Kartu Keluarga. Data tersebut akan dicocokkan, dan jika sudah sesuai, akan dimasukkan dalam daftar pemilih sementara,” ujar Chaidir

Dimana menurutnya, petugas Pantarlih dilengkapi dengan ciri-ciri khusus untuk memudahkan masyarakat mengenali mereka. Mereka memakai topi khusus dengan lambang KPU, rompi berwarna hijau dengan tulisan ‘Pantarlih’, serta ID Card lengkap dengan foto dan stiker coklit. Dan hasil coklit yang dilakukan oleh petugas Pantarlih nantinya akan ditetapkan sebagai data pemilih sementara.

“Setelah pemutakhiran, KPU Kobar akan menetapkan jumlah pemilih tetap pada Pilkada Serentak Tahun 2024,” jelasnya.

Chaidir mengatakan juga bahwa kegiatan Pilkada merupakan momen penting yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali, di mana masyarakat memiliki hak untuk memilih. Oleh karena itu, masyarakat untuk membantu petugas Pantarlih dalam melaksanakan tugas mereka.

“Petugas Pantarlih akan mendatangi setiap rumah warga, kami harap masyarakat bisa bekerja sama dengan menerima kedatangan petugas Pantarlih, “Ujar Chaidir.

Sementara itu, Ketua DPRD Kobar, M. Rusdi Gozali, menyambut baik kedatangan petugas Pantarlih ke kediamannya, dan diharapkan proses coklit berjalan lancar dan masyarakat Kobar dapat berpartisipasi aktif. Karena coklit ini sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada Serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Pemutakhiran Data ini sangat penting demi kelancaran dan suksesnya Pilkada serentak, pemutakhiran data ini untuk memastikan semua warga terdaftar sebagai pemilih,” ujar Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali. (Yulia/Ktk)