Hari Kedua, Petugas Pantarlih Palangka Raya Coklit Pj Wali Kota

COKLIT- Petugas Pantarlih melaksanakan Coklit Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu di Gedung Dinas Wali Kota Palangka Raya, Selasa (25/6).TABENGAN/YULIANUS

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih dengan Pencocokan dan Penelitian (coklit) telah memasuki hari kedua. Kali ini, Selasa (25/6), jajaran petugas Pantarlih perwakilan Kecamatan Jekan Raya, melaksanakan coklit di kediaman orang nomor satu di Kota Palangka Raya, Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, di Rumah jabatan wali kota Palangka Raya, Jalan Diponegoro, pukul 07.00 WIB-07.30 WIB.

Pelaksanaan coklit tersebut diterima langsung Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu bersama suami Akhmad Husain. Usai melaksanakan pendataan, Hera menyampaikan apresiasi serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada petugas pantarlih serta jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang telah bekerja sama dalam menjalankan tugas menyukseskan tahapan rangkaian pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Tadi pagi secara simbolis, kita sudah melaksanakan coklit yang diawasi langsung Bawaslu. Alhamdulillah pencoklitannya, semua sudah selesai dan tuntas,” kata Hera.

Untuk menyukseskan pelaksanaan coklit yang digelar sejak 24 Juni hingga 25 Juli 2024 itu, Hera mengajak seluruh masyarakat di Palangka Raya untuk aktif berpartisipasi serta bekerja sama dengan petugas pantarlih guna menghasilkan perolehan data yang akurat.

“Karena coklit ini adalah awal kita untuk memastikan keakuratan data guna ikut serta dalam pelaksanaan pilkada mendatang yang akan diselenggarakan beberapa bulan lagi. Sehingga disini, besar peran masyarakat untuk berpartisipasi di dalamnya, membantu petugas pantarlih,” lanjutnya.

Disampaikan Hera, mengapa peranan masyarakat begitu krusial, sebab akan memberikan perolehan data yang akurat dan kemudian akan juga cepat menuntaskan tugas para Pantarlih.

“Karena untuk pelaksanaan coklit ini kan waktu pelaksanaannya singkat, hanya satu bulan saja. Jadi untuk mensukseskan ini, masyarakat perlu ikut aktif berpartisipasi. Dan apabila ada masyarakat yang mungkin tidak di tempat atau hal-hal lainnya, disarankan untuk segera bergegas berkoordinasi pada RT setempat. Agar memudahkan para petugas menemukan lokasi dan sebagainya mengenai keberadaan yang bersangkutan,” pungkasnya.

Ketua KPU Kota Palangka Raya Joko Anggoro pada kesempatan itu menyampaikan, coklit data pemilih di hari kedua dan seterusnya diutamakan para pejabat Pemprov Kalteng dan pejabat Pemko Palangka Raya, serta kaum disabilitas. rba