PDIP Kalteng Rahasiakan 11 Nama Bacalon

WAWANCARA-Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto saat dibincangi Tabengan, Selasa (25/6). TABENGAN/RAHUL

*Sigit: Kalau Ditugaskan, Saya Siap

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Meski nama-nama yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sudah dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), namun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalimantan Tengah (Kalteng), memilih merahasiakan nama-nama tersebut, baik untuk bakal calon (Bacalon) yang akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun yang akan maju di Pemilihan Bupati/Wali Kota (Pilbup/Pilwali) mendatang.

Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto mengakui, ada 11 nama yang sudah dikeluarkan DPP untuk turun ke masyarakat memperkenalkan dan menyosialisasikan diri maju pada Pilkada yang akan dilangsungkan 27 November 2024 mendatang.

Kebijakan itu sebagai upaya DPD PDIP untuk merebut hati rakyat dengan turun langsung ke masyarakat dan mengenalkan diri setiap bacalon di daerah masing-masing sesuai penugasan partai.

Ia mengatakan, sudah ada nama-nama yang ditugaskan di kabupaten dan provinsi untuk menyosilisasikan diri mereka ke masyarakat.

“Terkait berapa nama yang dikeluarkan partai, untuk sosialisasi ke setiap daerah penugasan, sudah ada penugasan di 10 kabupaten dan satu provinsi untuk menyosialisasikan sesuai daerah penugasan,” ujar Sigit saat dihubungi Tabengan, Selasa (25/6).

Mengenai nama-nama yang siapa ditugaskan di daerah dan provinsi untuk maju, Sigit masih enggan membeberkannya.

“Terkait nama-namanya yang ditugaskan, kami dari DPD PDIP, mohon maaf tidak bisa memberikan nama-nama tersebut,” jelas Sigit yang juga Ketua DPRD Kota Palangka Raya itu.

Ia juga mengungkapkan, saat ini di PDIP tahapan yang sedang berjalan di partainya adalah mengenai sosialisasi calon. Sementara terkait rekomendasi dari PDIP, siapa yang akan diusung pada Pilkada Kalteng dan Pilkada Kabupaten/Kota tahun ini, ia belum bisa menyampaikan.

“Megenai, kapan rekomendasi dikeluarkan, ya sambil melihat, menyesuaikan geopolitik yang ada di daerah, karena keputusan semuanya ada di DPP PDIP,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai dirinya maju di Pilkada Kalteng, Sigit menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan DPP. “Kalau kaitan dengan saya, saya ini petugas partai jadi kami serahkan ke DPP. Jika partai menugaskan kami siap,” pungkasnya.

Diketahui, Sigit sebelumnya sudah mendaftarkan diri sebagai Bacagub dan Bacawagub di PDIP dan Partai Demokrat. rmp