Ketidakpahaman Pendaftar Gunakan Aplikasi PPDB hingga Koordinat Meleceng Jauh

PENDAFTARAN PPDB- Suasana saat Tim PPDB Disdik Kalteng melayani orang tua siswa. FOTO ISTIMEWA

+Disdik Siapkan Bantuan Pendaftar Salah Tentukan Titik Koordinat

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan solusi bagi calon peserta didik dan orang tua yang mengalami kendala teknis dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, menegaskan bahwa pihaknya siap memberikan dukungan penuh dalam mengatasi setiap permasalahan yang muncul selama PPDB, termasuk penyesuaian titik koordinat.

“Kami memahami bahwa proses PPDB bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para calon siswa dan orang tua. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan solusi atas setiap permasalahan yang muncul, termasuk isu teknis seperti penyesuaian titik koordinat. Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama dan mematuhi prosedur yang ada untuk memastikan proses PPDB berjalan lancar dan transparan,” ujarnya, Rabu (26/6).

Menanggapi permasalahan teknis terkait titik koordinat yang sering tidak sesuai dengan alamat calon peserta didik, Aryadi Gunawan, perwakilan dari Tim PPDB Disdik Kalteng, menjelaskan bahwa masalah ini sering kali disebabkan oleh ketidakpahaman pendaftar dalam menggunakan aplikasi PPDB.

“Apa yang diisi saat pra PPDB, misalnya, mereka mengunggah alamat di jalan D.I. Panjaitan, tetapi titik koordinatnya tidak disesuaikan dengan D.I. Panjaitan. Memang di aplikasi Pra PPDB itu tidak bisa mendeteksi alamat itu langsung menjadi koordinat,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi masalah ini, Dinas Pendidikan Kalteng telah menyiapkan layanan bantuan bagi pendaftar yang menghadapi kesalahan penentuan titik koordinat.

“Kalau misalnya titik koordinat itu salah, tidak sama dengan alamat, maka silakan melakukan ajuan terlebih dahulu. Kemudian nanti diinformasikan ke pihak sekolah alamat yang benar dimana, koordinat yang benar itu apa. Nanti akan disesuaikan oleh tim di Dinas Pendidikan Provinsi sehingga koordinatnya menjadi benar,” katanya.

Ia juga menyampaikan, bahwa mulai 25 Juni 2024, pendaftar juga diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan mandiri terhadap titik koordinat saat proses pendaftaran berlangsung.

“Langkah ini diharapkan dapat membantu calon peserta didik dan orang tua untuk lebih memahami dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, sehingga proses pendaftaran PPDB dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan,” pungkasnya. ldw.