Bahas Anggaran Pilkada, Komisi A Kunjungi Kesbangpol

AGENDA KUNJUNGAN-Ketua dan anggota Komisi A DPRD Palangka Raya melaksanakan kunjungan ke salah satu mitra kerjanya yakni Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palangka Raya, Rabu (25/6) siang. TABENGAN/ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Dalam jadwal Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Palangka Raya, komisi di DPRD Kota Palangka Raya melaksanakan fungsi pengawasan dengan mengunjungi beberapa dinas.

Termasuk agenda kunjungan yang dilaksanakan Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, ke Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palangka Raya, Rabu (25/6) siang.

Saat kedatangan ke Kantor Kesbangpol, Komisi A DPRD Palangka Raya dipimpin Ketua Komis A DPRD Palangka Raya Subandi, disambut Kepala Badan Kesbangpol Palangka Raya Boy Yepthanius.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu poin yang dibahas adalah terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, khususnya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya serta Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam hal ini, Komisi A DPRD Palangka Raya meminta kepastian jumlah anggaran yang dipersiapkan. Diketahui, pihak Kesbangpol Palangka Raya telah berkoordinasi, menetapkan, dan memastikan jumlah anggaran untuk Pilkada mendatang.

“Sebanyak Rp20 miliar dana yang dipersiapkan untuk KPU Palangka Raya. Bawaslu sebanyak Rp8 miliar, Polri sebanyak Rp5,1 miliar, dan TNI sebanyak Rp4 miliar,” sebut Subandi saat ditemui media di ruang kerjanya, kemarin.

Sesuai dengan tahapan dan prosesnya, lanjut Subandi, sekitar 40 persen dari jumlah bantuan tersebut sudah disalurkan. Sisanya akan diserahkan beberapa hari jelang hari H pelaksanaan Pilkada.

“Intinya terkait anggaran Pilkada Palangka Raya, oleh Pemerintah (Pemko) Palangka Raya sudah dipersiapkan,” kata Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Palangka Raya tersebut.

Kesempatan itu, Subandi juga mengimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar turut aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya mendatang agar berlangsung dengan aman, damai dan lancar.

“Diharapkan pula masyarakat memilih sesuai hati nurani. Sehingga pemimpin yang terpilih benar-benar mampu membawa kemajuan bagi Kota Palangka Raya,” tutupnya.rba