MC Palangka Raya Lumpuh Diserang Hacker

ILUSTRASI HECKER

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Terhitung sudah seminggu ini, sejak Kamis (20/6), laman Media Center (MC) Kota Palangka Raya tidak dapat diakses. MC Kota Palangka Raya adalah laman utama bagi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan kabar terbaru Pemko Palangka Raya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Palangka Raya melalui Kabid Pengelolaan Informasi Publik Andi CM Silalahi menyampaikan, MC Kota Palangka Raya atau MC Isen Mulang sedang lumpuh karena isu nasional Pusat Data Nasional (PDN) yang terkena hack.

“Karena kita menggunakan PDN juga sesuai arahan Kementerian,” jelasnya, Kamis (27/6).

Serangan hacker ini tentu mengakibatkan dampak yang signifikan, beberapa laman resmi Pemko Palangka Raya tidak bisa lagi diakses oleh publik. Seperti halnya Media Center, Simpeg dan juga Srikandi.

Mengenai apakah ada laman-laman lain yang juga terkena dampak dari serangan ini, untuk saat ini pihaknya sedang melakukan proses penelusuran apakah situs web milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya juga terpengaruh oleh peretasan PDNS tersebut.

“Kami tentu berharap pihak berwenang segera mengambil langkah yang diperlukan untuk menangani dan mengatasi konsekuensi dari serangan ini, sambil memperkuat sistem keamanan digital untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang,” harap Andi. rba