Dewan Apresiasi Kerja Sama Pemko Dalam Rampungkan Raperda RPJPD

Juru Bicara sekaligus Ketua Pansus H M Khemal Nasery

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Palangka Raya Tahun 2025-2045 bersama Pemerintah Kota Palangka Raya, yang disampaikan pada Sidang Paripurna ke-8 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023/2024, disampaikan Juru Bicara sekaligus Ketua Pansus H M Khemal Nasery, baru-baru ini.

Kesempatan itu, Khemal menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pembahasan dan pandangan fraksi, umumnya yang direkomendasikan adalah perbaikan yang berkaitan dengan redaksi-redaksi penulisan dalam penyusunan dokumen RPJPD, sehingga diperlukan untuk pelaksanaan penyempurnaannya.

Selanjutnya, disampaikan pula hasil dari pandangan seluruh fraksi di DPRD Palangka Raya. Dimana disepakati untuk untuk menerima dan menyetujui hasil pembahasan Rancangan Perda tentang RPJPD Kota Palangka Raya Tahun 2025-2045.

“Dalam hal ini, DPRD Palangka Raya dan Pemerintah Kota Palangka Raya merasa bangga karena Kota Palangka Raya termasuk yang terdepan serta tercepat di Indonesia dalam menyepakati Raperda RPJPD Kota Palangka Raya tahun 2025-2045. Bahkan, RPJPN pun belum disusun dan ditetapkan, sehingga ini merupakan prestasi yang luar biasa yang dicapai oleh kita selaku DPRD Kota Palangka Raya dan Pemerintah Kota Palangka Raya,” kata Khemal.

Khemal juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang selalu beri arahan dalam tahapan dalam pembangunan Palangka Raya untuk 20 tahun ke depan.

“Untuk itu, diharapkan juga di Kota Palangka Raya mulai merencanakan pemekaran wilayah di Kecamatan dan Kelurahan serta perubahan administrasi kewilayahan Kelurahan menjadi desa di beberapa wilayah. Agar, pembangunan di pelosok-pelosok berjalan maksimal,” ujarnya.

Selanjutnya, setelah penetapan hasil pembahasan dan penyampaian, Khemal juga mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya untuk segera melakukan proses evakuasi ke Gubernur Kalimantan Tengah.

Sebagai akhir, Khemal juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Palangka Raya yang telah menjalin sinergitas serta kerja sama yang sangat baik bersama DPRD Kota Palangka Raya selama perumusan RPJPD Kota Palangka Raya untuk 20 tahun ke depan berlangsung.

“Semoga apa yang kita laksanakan merupakan sebuah terobosan untuk menjadi lebih baik terutama bagi pembangunan di Kota Cantik Palangka Raya yang kita cintai ini,” pungkasnya.rba