Diskominfosantik Kalteng Tangani Serangan Siber

Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalimantan Tengah  (Kalteng) Agus Siswadi mengungkapkan, tidak ada situs web yang sepenuhnya bebas dari percobaan serangan siber, termasuk situs-situs milik Pemprov Kalteng. Setiap hari, situs-situs ini menerima berbagai bentuk percobaan serangan.

“Semua website, tanpa terkecuali, mengalami percobaan serangan. Kami selalu berusaha menginformasikan kepada pemilik aset elektronik yang terkena serangan apabila terjadi insiden,” ujarnya kepada Tabengan, Jumat (28/6).

Menurut Agus, untuk sistem elektronik yang dihosting oleh Diskominfosantik Kalteng, pihaknya langsung menangani serangan tersebut.

“Penanganan akan lebih mudah jika operator aset segera merespons laporan kami atau informasi dari luar,” tambahnya.

Agus mengungkapkan, Diskominfosantik Kalteng juga menyiagakan tim khusus untuk merespons informasi terkait keamanan sistem elektronik Pemprov Kalteng.

“Kami selalu siap siaga dan merespon informasi dari berbagai pihak, terutama yang berkaitan dengan keamanan sistem elektronik,” katanya.

Agus berharap dengan upaya yang dilakukan, keamanan sistem elektronik di lingkungan Pemprov Kalteng dapat terjaga dengan baik.

“Diskominfosantik Kalteng berkomitmen untuk terus meningkatkan kesiapan dan respons terhadap ancaman siber,” ucapnya. ldw