Dewan: Jangan Jadi Pelaku Penyebaran Informasi Palsu

Ketua Komisi II DPRD Murung Raya Heriyus M Yoseph

PURUK CAHU/TABENGAN.CO.ID- Ketua Komisi II DPRD Murung Raya Heriyus M Yoseph mengingatkan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terpengaruh berita palsu atau hoaks dan isu SARA yang didapat lewat Medsos, yang berpotensi mengganggu ketenangan proses pilkada.

“Melalui media sosial, seseorang dapat dengan mudah dan cepat memberikan informasi terkait berbagai hal. Padahal belum tentu informasi yang diberikan benar sesuai fakta yang terjadi,” kata Heriyus, Rabu (19/6/2024).

Untuk itu, kata politis PDIP Mura ini, seiring lajunya perkembangan zaman, masyarakat diminta sudah cakap dalam memilih dan memilah informasi yang disajikan oleh berbagai pihak, terutama dalam era canggih bermedsos serta mampu membedakan mana informasi yang benar dan mana yang hoaks.

“Jangan sampai justru kita yang menjadi pelaku penyebaran informasi palsu,” imbuhnya.

Karenanya Heriyus meminta kepada masyarakat untuk dapat melakukan penyaringan informasi sebelum kembali menyebarkan ke khalayak luas.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menanyakan kebenaran informasi yang didapat di media sosial kepada pihak yang berwenang, seperti kepolisian atau bagian hubungan masyarakat pada instansi, lembaga, atau pihak yang disebut dalam informasi tersebut. ist