Dewan Apresiasi Kinerja Baik Kesbangpol 

Ketua Komisi A Subandi

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Dalam kunjungan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Palangka Raya ke satuan OPD Palangka Raya, salah satunya ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ketua Komisi A Subandi menyampaikan hasil kunjungan.

Yakni Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tahun 2024, Kota Palangka Raya dipercayakan untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi dan Ikrar Anak Bangsa.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya dan penyelenggaranya adalah Provinsi dan Kota kita sebagai wadah dalam penyelenggaraannya. Melalui ini, disampaikan Kesbangpol juga telah siap dalam melaksanakan serta bersinergi pada kegiatan tersebut seperti partisipasi para peserta dalam perhelatan Ikrar Anak Bangsa,” kata Subandi, kemarin.

Dan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri, penanggung jawab pelaksanaan Paskibraka dilaksanakan oleh Kesbangpol.

Kesempatan ini, Subandi turut mengapresiasi kinerja Kesbangpol dalam melaksanakan seleksi penjaringan Paskibraka tahun 2024, dan terpilih 54 orang yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus.

“Alhamdulillah, kembali ada kabar baik lagi yang sangat patut kita syukuri. Kota Palangka Raya sudah 2 tahun berturut-turut, termasuk tahun ini, pelajar dari Kota kita diberi kepercayaan dikirim ke pusat sebagai Paskibraka Nasional. Untuk tahun ini, khususnya untuk putri diwakili dari SMAN 2 Palangka Raya. Kita tentu sangat bersyukur dan mengapresiasi itu,” ujar Subandi.

Selanjutnya, Subandi juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kesbangpol dalam rangka mengkondisikan situasi dan kondisi di Kota Palangka Raya.

“Selama ini Kesbangpol telah aktif, rutin dan berkala melaksanakan rapat bersama Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda). Baik itu dari Kepolisian, TNI, Kejaksaan, DPRD dalam rangka membantu tugas-tugas untuk memastikan kondisi keamanan di Kota Palangka Raya bisa terjamin,” katanya.

Kesbangpol juga memberdayakan masyarakat melalui tokoh agama, masyarakat, dan pemuda melalui pertemuan rutin.

“Intinya, menjaga ketentraman masyarakat Kota Palangka Raya memerlukan peran serta sinergi dari seluruh pihak. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, diharapkan Kota Palangka Raya dapat tetap dalam kondisi yang kondusif dan damai,” tandas Subandi.rba