Riyad Alhamdani dan Alysia Noreen Ramadhani Wakili Kalteng di Paskibraka Nasional 2024

DISAMBUT-Alysia Noreen Ramadhani saat di Kantor Wali Kota Palangka Raya, disambut Pj Sekda Kota Achmad Zaini, Selasa (2/7). (ATAS). Riyad Alhamdani bangga bersama ayahnya. (BAWAH). TABENGAN/RADA/ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Riyad Alhamdani siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukamara dan Alysia Noreen Ramadhani asal SMAN 2 Kota Palangka Raya terpilih mewakili Kalimantan Tengah menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024, pada 17 Agustus mendatang.

Ditemani Kepala Kesbangpol Kota Palangka Raya Boy Yepthanius, kedatangan Alysia dan rombongan di Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (2/7), disambut hangat Pj Sekda Kota Palangka Raya Achmad Zaini. Zaini mengungkapkan perasaan bangga luar biasa atas prestasi yang kembali diraih oleh putri terbaik Kota Palangka Raya ini.

“Untuk Kalteng ada dua orang yang mewakili, yaitu putra dan putri. Untuk putrinya diwakili oleh Kota Palangka Raya dan putranya berasal dari Sukamara. Nanti, insya Allah tanggal 12 Juli ini berangkat untuk melaksanakan Diklat di Cibubur untuk persiapan Paskibra 17 Agustus,” ungkap Zaini.

Zaini mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya menyampaikan beberapa pesan untuk Alysia. Pertama, berkaitan dengan fisik dan mental yang harus terus dijaga. Kemudian, karena nantinya akan bertemu para putra dan putri perwakilan dari seluruh masing-masing daerah di Indonesia, maka diharapkan melalui momentum berharga ini, Alysia bisa menjalin keterikatan serta persahabatan yang kuat dengan teman-teman satu angkatannya.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan seperti ini. Jadi kami berpesan kepada Alysia, agar bisa memanfaatkan pengalaman ini untuk bekal karir di masa depan. Karena insya Allah, kalau sudah pernah menjadi anggota Paskibraka Nasional akan ada kemudahan-kemudahan di jalan ke depannya. Karena dalam meraih prestasi membanggakan ini, prosesnya tidak mudah, seleksinya sangat ketat dari tingkat Kota, Provinsi hingga Nasional,” ucap Zaini.

Diceritakan Zaini, seleksi nasional ini sendiri yang diseleksi untuk mengikuti ada 6 orang. Untuk dari Kota Palangka Raya pembinaannya berada di Kesbangpol. Dia berharap, prestasi ini terus berlanjut dan pada saat diklat nanti, Alysia bisa terus semangat dan menunjukkan prestasi yang luar biasa hingga optimis meraih target untuk menjadi pembawa baki di pergelaran upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

“Kita doakan saja, ya. Yang terpenting Alysia terus sehat dan bisa mengikuti diklat dengan baik,” harap Zaini.

Sementara itu, Alysia Noreen Ramadhani mengungkapkan, dalam persiapannya di Tingkat Kota sendiri ada persiapan dari pihak Purna Paskibraka Indonesia (PPI) yaitu latgab dari bulan Januari.

“Untuk persiapannya juga diperlukan seperti belajar mengenai wawasan kebangsaan, intelegensi umum, fisik, baris berbaris, kepribadian dan juga untuk unjuk bakatnya,” terang gadis berusia lima belas tahun ini.

Alysia mengungkapkan, pada saat dirinya mengetahui akan menjadi perwakilan Provinsi Kalteng di Paskibraka Nasional 2024, ia sangat bersyukur dan senang. Dan ia berharap bisa terpilih menjadi perwakilan pembawa baki sekaligus bisa menjalin hubungan persahabatan yang erat bersama teman-teman dari provinsi lainnya.

Sementara, berdasarkan keterangan ayahnya, Kasmono, Riyad lahir pada tanggal 16 Juni 2008 di Sukamara. Riyad sekolah di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Arqom (MIS Darul Arqam) Sukamara ketika jenjang Sekolah Dasar, Sedangkan jenjang SMP, Riyad bersekolah di SMP Islam Terpadu (IT) Sukamara. Kemudian lanjut ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukamara. Sekarang duduk di kelas 11 MAN 1 Sukamara.

Kasmono mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas terpilihnya sang anak untuk mewakili Paskibraka Kalteng di Tingkat Nasional.

“Ini sungguh merupakan anugerah yang luar biasa, apalagi bersamaan dengan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Sukamara. Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi dari Pj Bupati pada malam ini,” ungkapnya.

“Semoga apa yang diraih Riyad ini mampu memotivasi generasi muda penerus Sukamara untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang,” lanjutnya

Di tempat yang sama, Riyad menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Pemkab Sukamara. Ia juga berpesan kepada teman-teman dan anak muda Sukamara agar selalu menanamkan sikap optimisme dan pantang menyerah dalam setiap bidang yang ditekuni.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Pj Bupati yang telah memberikan apresiasi dan dukungan atas hasil ini. Insya Allah pesan yang beliau titipkan akan saya jalankan dengan sungguh-sungguh,” ucap Riyad.

Terakhir, upacara bendera tahun ini pada tingkat nasional akan dilaksanakan di dua lokasi. Yaitu di Istana Negara Jakarta Pusat dan Ibu Kota Negara (IKN). Namun, mengenai kabar pasti dari lokasi Alysia dan Riyad bertugas nanti, masih belum diketahui. Akan ada seleksi lagi yang dilaksanakan hingga sampai keputusan akhir dari penempatan lokasi tugas mereka. rba/c-afd