Pertarungan 7 Bacalon Bupati Barsel

BUNTOK/TABENGAN.CO.IDPelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) semakin dekat. Seiring waktu berjalan, sejumlah tokoh juga menyatakan siap bertarung menjadi Bupati Barsel periode 2024-2029.

Nama-nama yang siap maju menjadi orang nomor 1 di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, mulai dari figur yang sudah terkenal di tengah masyarakat Barsel hingga yang sebelumnya tidak pernah diprediksi maju juga muncul ke permukaan.

Mereka adalah HM Farid Yusran, Ketua DPRD Barsel periode 2019-2024 dan Bupati Barsel periode 2011-2016. Selanjutnya nama yang juga dikenal masyarakat Barsel dan diyakini maju sebagai calon Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri, yang dulunya  Bupati Barsel periode 2017-2022 dan Ketua DPD Partai Golkar Barsel.

Kemudian Satya Titiek Atyani Djoedir, Wakil Bupati Barsel periode 2011-2016 dan periode 2017-2022 juga menyatakan siap maju sebagai calon Bupati Barsel periode 2024-2029. Tidak hanya itu, muncul pula nama baru seperti Rahmawati atau Memey putri dari H Rivai mantan Anggota DPRD Barsel yang menegaskan maju sebagai calon Bupati Barsel.

Begitu juga dengan H Suhardi Anggota DPRD Provinsi Kalteng dari PDIP, H Feri Supian mantan Kades Babai dan juga kader Partai NasDem serta H Joana atau lebih dikenal guru Joana, mantan guru dan PNS di Diknas Barsel menegaskan maju sebagai calon Bupati pada Pilkada Barsel tahun 2024 ini.

Ketujuh nama-nama calon Bupati Barsel tersebut, telah mendaftar ke sejumlah partai yang memiliki kursi di DPRD Barsel hasil Pemilu tahun 2024 yang lalu.

Selain 7 nama calon Bupati yang ingin maju di Pilkada Barsel, juga ada puluhan nama yang menyatakan siap maju sebagai calon Wakil Bupati Barsel. Meskipun sangat banyak calon Bupati dan Wakil Bupati Barsel yang ingin bertarung di Pilkada Barsel tahun 2024 ini, tetapi diprediksi hanya ada 2 hingga 3 pasangan calon saja yang bisa bertarung.

Bahkan sejumlah kalangan atau pengamat politik yang menyatakan Pilkada serentak di Baresl akan diikuti 2 sampai 3 pasangan saja yang bertarung.

“Saya menyakini pasangan calon yang maju hanya 2 atau 3 saja, seperti HM Farid Yusran dan pasangannya, H Eddy Raya dan pasangannya dan 1 pasangan lainnya,” ujar Jailani, salah satu politisi Gelora Barsel kepada wartawan, Senin (1/7).

Jailani mengatakan, banyak calon yang mendaftar sebagai calon Bupati Barsel pada Pilkada serentak tahun 2024 ini, mengingat tidak adanya calon Bupati Incumbant.

Senada dengan Jailani, tokoh muda Barsel Bayu melihat dari calon yang mendaftar di sejumlah partai, bahwa 7 calon yang mendaftar sebagai calon Bupati yang serius hanya beberapa orang saja, sisanya hanya penggembira saja atau tes ombak saja.

Diperkirakan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Barsel akan diikuti 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati saja, karena masing-masing calon berupaya mendapat dukungan penuh dari partai politik. c-dan