Memaksimalkan Potensi Pariwisata Mura untuk Terciptanya Usaha dan Lapangan Kerja

Anggota DPRD Murung Raya, Imanudin saat bersama Wakil Ketua Rahmanto Muhidin

PURUK CAHU/TABENGAN.CO.ID – Anggota DPRD Murung Raya, Imanudin meminta Pemerintah Kabupaten Murung Raya dapat memaksimalkan potensi pariwisata Murung Raya untuk terciptanya usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat, Selasa (25/6/2024)

Imanudin, mengungkapkan bahwa salah satu peluang pemerintah dalam menciptakan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat, yaitu dengan mengembangkan sektor pariwisata, khususnya desa wisata serta melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi.

“Dengan letak geografis dan keuntungan memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup menarik, pengembangan desa wisata sangat mungkin untuk dilakukan,” katanya.

Menurut dia, seperti yang dilihat selama ini, masyarakat yang bermukim di pelosok desa tentunya sulit mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan ekonomi yang memadai, karena berbagai keterbatasan.

Sehingga, menurut dia, keberadaan desa wisata akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan penghasilan masyarakat dan terbukanya lapangan kerja baru.

Politisi dari PKS ini juga optimistis bahwa dengan kehadiran desa wisata, tidak hanya menguntungkan masyarakat untuk mengembangkan usaha pendukung, seperti kuliner saja, ataupun jasa lainnya dalam rangka meningkatkan perekonomian. Namun juga dengan kondisi ekonomi yang stabil juga akan mendorong desa itu sendiri untuk lebih mandiri dan mampu berkembang lebih baik.

Oleh karena itu, Imanudin sangat diharapkan, agar dalam pelaksanaannya, pengembangan desa wisata direncanakan secara maksimal, dan harus didukung dengan kolaborasi antara pemerintah kabupaten, pemerintah desa, dan masyarakat.

“Bila semua itu bisa tergali secara optimal, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan progres desa wisata dipastikan berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.