3 Jemaah Haji Kalteng Wafat di Tanah Suci

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalteng H Noor Fahmi

MADINAH/TABENGAN.CO.ID – Tim Medis Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi melaporkan, jumlah anggota jemaah haji dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yang wafat di Tanah Suci Makkah bertambah lagi 1 orang, sehingga totalnya menjadi 3 orang.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalteng H Noor Fahmi, Sabtu (6/7), menyampaikan, jemaah yang wafat adalah Hj Ruslianah Maan Tabri dari Kabupaten Seruyan, tergabung dalam Kloter 7 BDJ. Hj Ruslianah meninggal dunia Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 11.00 WAS di RS King Fahad, Madinah.

Dijelaskan, Ruslianah awalnya melakukan perjalanan dari Madinah menuju Makkah 29 Mei 2024. Dalam perjalanan tersebut, kondisi kesehatannya menurun saat beristirahat di rest area sekitar 200 km dari Makkah. Setelah dilaporkan ke petugas dan kepolisian setempat, Hj Ruslianah dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi menggunakan ambulans.

Hj Ruslianah sempat dirawat di rumah sakit setempat sebelum kondisinya semakin memburuk. Dia kemudian dipindahkan ke RS King Fahad di Madinah dan dirawat intensif di ruang ICU. Mengingat kondisi yang terus menurun, ventilator dipasang untuk membantu pernapasannya.

Meskipun sempat ada upaya untuk melepaskan ventilator setelah kondisi stabil, namun kondisinya kembali menurun sehingga ventilator harus dipasang lagi. Pada akhirnya, Hj Ruslianah meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif.

Fahmi mengatakan, sebelumnya jemaah lain, Sirun Mucheri Sarkawi (70) dari Kabupaten Barito Selatan (Barsel), yang juga tergabung dalam kloter 7 BDJ, meninggal dunia pada 8 Juni 2024 pukul 13.24 di Rumah Sakit Arab Saudi.

Dengan wafatnya Hj Ruslianah, jumlah jemaah haji reguler Kalteng yang meninggal selama pelaksanaan ibadah haji tahun 1445/2024 bertambah menjadi 2 orang. Selain itu, terdapat 1 jemaah haji khusus Kalteng atas nama H Najibu Daroini Ansori, yang juga meninggal dunia di Makkah Al Mukarramah.

Fahmi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya ketiga jemaah haji Kalteng tersebut. “Semoga hajinya mabrur, meninggalnya syahid, diampuni seluruh dosanya, diterima seluruh amal baiknya dan mendapat rahmat Allah SWT,” ucapnya.

Saat ini, masih ada 3 anggota jemaah haji Kalteng yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Di antaranya, Muhammad Anwar (50) dari kloter 6 di RS King Abdullah Makkah, Muhammad Darsp (75) dari kloter 4 di RS King Abdul Aziz Makkah dan Norlianah dari kloter 7 di RS King Fahad Madinah. “Semoga jemaah haji Kalteng yang dirawat di Arab Saudi segera pulih dan bisa dipulangkan ke Tanah Air,” harapnya.

Tahun 2024, total jemaah haji Kalteng berjumlah 1.688 orang yang tergabung dalam lima kloter, kloter 3, 4, 5, 6, 7 dan 8 embarkasi/debarkasi Banjarmasin. Kepulangan jemaah haji Kalteng ke debarkasi Banjarmasin telah berlangsung mulai 24 Juni hingga 3 Juli 2024. ldw