Produk Unggulan Sukamara Expo Kurang Optimal

WAWANCARA-Pj Bupati Sukamara Kaspinor saat diwawancarai di lokasi Sukamara Expo 2024. FOTO ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Penjabat (Pj) Bupati Sukamara Kaspinor menilai, produk unggulan yang ditampilkan pada Sukamara Expo 2024 tanggal 2-8 Juli lalu kurang optimal, sehingga perlu adanya evaluasi.

“Saya melihat sebenarnya produk-produk unggulan belum optimal untuk tampil, apakah ini karena kita belum maksimal memberikan motivasi, atau memang ini selera masyarakat sudah berubah,” kata Kaspinor kepada wartawan di Sukamara, baru-baru ini.

Menurut Kaspinor, produk dari Kabupaten Sukamara ini tidak hanya digemari masyarakat lokal, tetapi juga dari luar wilayah, sehingga perlu kembali digaungkan. Bahkan bila perlu adanya komentator yang mengenalkan makanan kepada para pengunjung.

“Saya punya keyakinan apa yang pernah disampaikan, produk dari Kabupaten Sukamara ini digemari masyarakat kita bahkan Indonesia,” katanya.

Kaspinor mengatakan, dalam event Sukamara Expo ini pihaknya juga mengevaluasi apa saja yang menjadi keinginan masyarakat, termasuk hiburan yang ditampilkan untuk mengisi kegiatan.

“Termasuk juga musik yang ditampilkan, kayaknya kalau dangdut yang tampil itu penuh begitu, tetapi kalau kita tampilkan tarian daerah japen itu agak berkurang. Tetapi kalau melihat di tempat lain justru orang itu banyak haus hiburan-hiburan tradisional, nah ini kembalikannya,” ujarnya.

Dia berjanji, ke depannya untuk hiburan akan kembali dikombinasikan, supaya ada pangsa pasarnya tersendiri, baik itu tradisional maupun yang lainnya.

“Ini akan kita koordinasikan baik makanan-makanan dan musik-musiknya, ini juga perlu kajian supaya kita tidak salah dalam pengembangan UMKM ke depannya,” katanya. c-afd