Kapuas  

Pj Bupati Harap Anak-anak Kapuas Bebas Polio

PENCEGAHAN - Pj Bupati Erlin Hardi didampingi Agustina Erlin Hardi saat meneteskan vaksin Polio pada anak-anak disaksikan Kepala Dinkes dr Tonun Irawaty Panjaitan. TABENGAN/KHAIR

KUALA KAPUAS/TABENGAN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda Forum Anak Daerah Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi menghadiri acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 40 Kabupaten Kapuas Tahun 2024, di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Selasa (23/7). Acara tersebut juga dirangkai dengan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap II Tahun 2024.

“Anak merupakan aset yang sangat berharga. Anak-anak kita merupakan aset masa depan yang perlu kita jaga, diberikan perlindungan dan perhatian dengan maksimal,” ucap Erlin.

Ia menyatakan pihaknya menyadari bahwa kesehatan adalah modal utama bagi kemajuan suatu daerah. Maka penting untuk menjaga kesehatan masyarakat, terutama dalam memberikan imunisasi yang lengkap dan tepat waktu, sehingga anak bisa tumbuh berkembang dengan sehat dan baik.

Erlin menyebut Polio sebagai salah satu penyakit yang cukup berbahaya, yang dapat menyebabkan cacat permanen. Maka itu, kita sebagai orang tua tidak boleh lengah atau lalai terhadap penyakit ini dan melakukan vaksin sesuai dengan aturan,

“Pastikan anak kita di Kabupaten Kapuas sudah divaksin Polio yang lengkap,” pinta Erlin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan anak berusia 0-7 tahun segera membawa anak untuk mendapatkan dua tetes vaksin Polio yang akan dilaksanakan dua kali pada tanggal 23-29 Juli dan 6-12 Agustus 2024.

Lanjut Tonun, sasaran Kabupaten Kapuas ada 53.729 anak berdasar data Pusdatin Kemenkes RI. Tonun mengatakan capaian imunisasi Polio harus mencapai 95 persen.

“Karena itu Dinkes Kapuas membutuhkan dukungan seluruh sektor guna mencapai target 95 persen tersebut, hingga bisa menggapai pada anak-anak usia 0-7 tahun untuk terbebas dari virus Polio,” harap Tunun.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimda Kapuas, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Ketua DWP Kabupaten Kapuas Dr Apollonia Septedy. dan para pelajar mulai dari TK, SD, SMP, Sekolah Luar Biasa (SLB) hingga SMA/Sederajad.  c-hr