Sesuaikan Kebutuhan, Pemkab Kotim Agendakan Job Fit

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Fajrurrahman

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) menggelar kegiatan Job fit atau uji kompetensi, Senin (29/7/2024 ) lalu. Kegiatan itu diikuti sebanyak 12 pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Kotim. Ketua Panitia Seleksi (Pansel) uji kompetensi Fajrurrahman yang juga Sekda Kotim mengatakan pelaksanaan job fit merupakan hal yang wajar dilakukan sebagai tahapan untuk menyesuaikan kebutuhan dalam suatu organisasi pemerintahan.

“Job fit ini menyesuaikan kebutuhan  organisasi, jadi sesuatu yang wajar memang dilakukan. karena ada kebutuhan organisasi itu. Ada job desk yang kosong di tempat kita, kemudian ada juga yang memang seharusnya teman-teman ini di rolling,” ujarnya, Rabu (31/7/2024).

Selain suatu kebutuhan organisasi di pemerintahan, Fajrurrahman juga menyebut bahwa pelaksana job fit tersebut memang sudah direncanakan oleh Bupati Kotim Halikinnor dari sejak lama.

Dikatakannya kegiatan job fit atau uji kompetensi tersebut sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Namun aturan baru, menurutnya saat ini untuk melakukan mutasi harus seizin Menteri Dalam Negeri.

“Makanya 6 bulan sebelum, kalau tidak salah penetapan calon, sudah harus melakukan proses itu, dan juga kita dapat persetujuan dari pemerintah pusat,” terangnya.

Fajrurrahman menambahkan, nantinya akan diambil tiga orang dari 12 peserta tersebut, yang kemudian akan disampaikan ke pemerintah pusat untuk disetujui, yang setelahnya itu baru akan ada tindak lanjut, yaitu pelantikan.

“Hasil dari job fit nanti ada hal-hal yang mutasi ada  hal-hal yang bersifat mengisi yang kosong dan lain sebagainya.  Jadi Pak Bupati nanti melihat hasil job fit teman-teman dimana arah daripada job fit itu yang tepat bagi teman-teman yang lainnya untuk ditempatkan,” tandasnya. (MS)