Bangganya Sugianto Sabran, Kalteng Dipilih Jadi Salah Satu Lumbung Pangan

BANGGA-Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat menyampaikan Sambutannya pada Panen Padi Perdana di Desa Gadabung, Pulang Pisau. Foto mmc kalteng

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran mengumumkan Kalteng telah terpilih sebagai salah satu dari lima provinsi yang ditunjuk sebagai lumbung pangan nasional. Ia mengaku bangga dengan pencapaian tersebut.
Menurut Sugianto, pihaknya dipercaya untuk menyiapkan lahan seluas 1 juta hektare. Menurutnya, ini merupakan kesempatan emas bagi para kaum muda-mudi di Kalteng untuk berkontribusi pada ketahanan pangan.
“Kalteng dipercayakan untuk menyiapkan satu juta hektare lahan untuk ketahanan pangan nasional dan ini memberikan peluang pemuda-pemudi Kalteng menjadi petani milenial,” ungkap Sugianto, dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).
Pencapaian ini, menurut Sugianto, merupakan langkah besar bagi Kalteng untuk memanfaatkan potensi pertanian secara maksimal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai lumbung pangan nasional, Kalteng tidak hanya akan berperan dalam memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga membuka peluang kerja dan meningkatkan ekonomi lokal.
Sugianto juga menyinggung kaitan erat antara kemiskinan dan stunting. Hal tersebut berkaitan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 dan Hari Anak Nasional ke-40.
“Kemiskinan bukan hanya sekadar angka, tapi realita yang mempengaruhi masa depan anak-anak kita. Tanpa akses pendidikan yang baik dan pemenuhan gizi yang cukup, mereka berisiko menghadapi stunting sejak dalam kandungan,” tegas Sugianto.
Selain itu, Sugianto juga memaparkan rencana Pemprov Kalteng untuk memperkuat infrastruktur kesehatan, termasuk pembangunan Rumah Sakit Tipe A di KM 26 Tangkiling. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada fasilitas kesehatan di luar provinsi.
Dalam kesempatan yang sama, Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Maskur menjelaskan kegiatan ini juga diisi dengan Temu Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting se-Kalteng Tahun 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar perangkat daerah dan memperkuat komitmen terhadap program-program penurunan stunting.
Acara tersebut diakhiri dengan pengukuhan Ketua Pembina Posyandu Kabupaten/Kota serta penyerahan penghargaan Program Bangga Kencana dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS). Hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur H Edy Pratowo, serta berbagai pejabat penting lainnya.
Dengan langkah-langkah konkret yang diambil, Pemprov Kalteng menunjukkan komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, terutama anak-anak, di provinsi ini.ist