JAKARTA/TABENGAN.CO.ID – Kalimantan Tengah menorehkan prestasi gemilang pada ajang Malam Puncak Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin (9/9).
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) berhasil membawa pulang empat penghargaan bergengsi dalam kategori lomba video promosi pariwisata.
Empat penghargaan tersebut diraih pada kategori video promosi bulanan, yakni untuk tema kuliner (April), event (Mei), seni dan budaya (Juni), serta destinasi unggulan (Juli). Keberhasilan ini menempatkan Kalimantan Tengah di posisi teratas, mengungguli provinsi-provinsi lainnya dalam kompetisi ini.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno, yang didampingi Deputi Bidang Pemasaran, Ni Made Ayu Marthini, kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Budpar, Adiah Chandra Sari, yang turut didampingi oleh Sekretaris Dinas, Rusita Murniasi.
Dalam sambutannya, Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada para pemenang yang telah berhasil menampilkan karya kreatif dalam mempromosikan pariwisata daerah masing-masing.
“Saya sudah berkeliling Nusantara, dari Sabang sampai Merauke, dari Kupang hingga Pulau Rote. Kami mengapresiasi daerah-daerah yang menjadi pemenang setiap bulannya. Ada lima provinsi dengan jumlah penonton terbanyak dan 10 kabupaten. Oleh karena itu, kami akan terus mengkatalisasi lebih luas lagi para kreator video-video hebat ini,” kata Sandiaga.
Ia juga menambahkan bahwa inovasi dalam promosi pariwisata melalui video mampu menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional, sehingga menjadi salah satu instrumen penting dalam memperkenalkan keindahan Indonesia.
Usai acara, Kepala Dinas Budpar Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas penghargaan yang diraih.
“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan yang telah diraih Kalimantan Tengah. Semoga melalui promosi ini, wisatawan domestik maupun mancanegara semakin tertarik untuk mengunjungi Kalimantan Tengah. Kami juga akan terus menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada agar Kalimantan Tengah semakin dikenal luas,” ujarnya.
Ia juga menegaskan bahwa prestasi ini akan menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus berinovasi dalam memperkenalkan potensi wisata Kalimantan Tengah, yang mencakup keberagaman budaya, keindahan alam, dan keunikan kulinernya.
“Hal ini diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan dan memperkuat posisi Kalimantan Tengah sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia,” katanya.
Ia mengatakan, Ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan tujuan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil mempromosikan pariwisata melalui video kreatif yang menarik perhatian khalayak luas.
Pada tahun ini, acara tersebut semakin mendapat sorotan, mengingat pentingnya promosi digital dalam era pariwisata yang semakin mengandalkan teknologi dan platform media sosial.
Adiah berharap dengan penghargaan yang diraih, Kalimantan Tengah semakin dikenal luas di kancah nasional dan internasional, serta mampu meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.(lidia)