HUT Ke-5, RSUD Palangka Raya Berikan Pelayanan Terbaik

TUMPENG-Penyerahan potongan tumpeng Direktur RSUD Palangka Raya dr Abram Sidi Winasis kepada Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. TABENGAN/ANITA WIDYANINGSIH

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palangka Raya kini genap berusia 5 tahun. Dalam perayaan yang meriah, dengan tema Golden Age, Golden Future diangkat sebagai simbol pertumbuhan emas yang diharapkan membawa masa depan yang lebih cemerlang.

Direktur RSUD Palangka Raya dr Abram Sidi Winasis menyampaikan, walaupun masih memiliki usia yang muda, pihaknya memiliki visi dan misi yang besar.

“Usia kami masih muda, tapi visi kami besar, jika ingin masa depan yang gemilang, kita harus membangun fondasi yang kuat sejak awal, terutama dalam hal pelayanan, sarana dan prasarana. Dengan fondasi yang kokoh, kita berharap dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Palangka Raya dan Kalimantan Tengah,” jelasnya, Jumat (27/9).

Dalam acara perayaan ini, RSUD Palangka Raya juga meresmikan tiga ruangan baru, yaitu ruang ICU, PICU (ruang ICU untuk anak-anak), dan Modular Operating Theater (MOT).

Ketiga ruangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi rumah sakit, terutama karena ruang operasi modular merupakan standar akreditasi dari Kementerian Kesehatan yang belum dimiliki banyak rumah sakit di Kalteng.

“Keberadaan ruang ICU, PICU, dan MOT ini akan sangat membantu pelayanan kesehatan di Palangka Raya. Semoga fasilitas ini dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat, tidak hanya di Palangka Raya tapi juga Kalimantan Tengah secara keseluruhan,” sebutnya.

RSUD Palangka Raya telah mencatat berbagai pencapaian signifikan dalam lima tahun terakhir. Salah satunya, adalah peningkatan status dari rumah sakit tipe D menjadi tipe C, sebuah langkah besar yang tak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu yang juga turut hadir dalam perayaan ini memberikan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran rumah sakit.

“Kita patut berbangga atas capaian peningkatan kelas rumah sakit dari D ke C. Di usia yang kelima ini, saya memberikan tantangan baru untuk terus meningkatkan kelas rumah sakit. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk berbenah dan siap beraksi, karena pertumbuhan kota yang cepat membutuhkan kesiapan rumah sakit dalam melayani masyarakat yang semakin luas,” ungkap Hera.

Hera juga mengingatkan, tantangan ke depan masih besar, meskipun RSUD Palangka Raya sudah menunjukkan kemandirian dalam hal penganggaran dan pembiayaan, ia menekankan pentingnya perbaikan di berbagai aspek lainnya, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia.

Hera juga berharap rumah sakit ini dapat bersinergi dengan rumah sakit lain di Palangka Raya, baik negeri maupun swasta, untuk melayani masyarakat.

“Jika kita hanya fokus pada persaingan tanpa kebersamaan, kita tidak akan maju. Sinergi antarfasilitas kesehatan adalah kunci untuk melayani masyarakat dengan lebih baik,” ungkapnya.

Hera menambahkan, RSUD Palangka Raya telah meraih berbagai penghargaan dan akreditasi dalam lima tahun terakhir, tetapi tantangan ke depan tetap besar.

Ia juga menekankan pentingnya mempersiapkan rumah sakit untuk naik kelas lebih tinggi lagi, sekaligus mencapai standar ISO yang dibutuhkan.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk berbenah, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin cepat dan perluasan kota yang meluas ke arah pinggiran, rumah sakit ini harus siap mempersiapkan diri untuk melayani masyarakat dengan lebih baik,” katanya.

Tidak lupa Hera juga mengingatkan pentingnya kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan RSUD Palangka Raya menjadi pusat keunggulan di masa depan. Dia berharap rumah sakit ini dapat terus berinovasi dan meningkatkan standar pelayanan agar sejalan dengan pertumbuhan dan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.

Dengan optimisme dan semangat sinergi, RSUD Palangka Raya siap menatap masa depan emas, memberikan pelayanan kesehatan terbaik, dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palangka Raya dan Kalimantan Tengah.

“Selamat ulang tahun RSUD Palangka Raya. Semoga semakin profesional dalam melayani masyarakat, semakin tangguh, dan semakin kokoh untuk mewujudkan Palangka Raya yang kuat dan sejahtera,” pungkas Hera. nws