Pemkab Bagikan 2.250 Paket Sembako di 8 Kecamatan

HAPUS KEMISKINAN - Kepala Disperindagkop dan UKM Pulpis Elieser Jaya foto bersama saat kegiatan pembukaan pasar murah di Kecamatan Kahayan Hilir. TABENGAN/YAKIN

PULANG PISAU/TABENGAN.CO.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi  Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) setempat mengadakan pasar murah di seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Pulpis. Kegiatan tersebut dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ektrim di Pulpis itu pada Senin (14/10) digelar di Kecamatan Kahayan Hilir dan Jabiren Raya. Pasar murah tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Disperindagkop dan UKM Pulpis Elieser Jaya mewakili Penjabat (Pj) Bupati Pulpis.

Dari informasi data yang diperoleh, kegiatan pasar murah digelar pada 8 kecamatan di Pulpis dengan jumlah 2.250 paket. Rinciannya, untuk Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 198 paket, Jabiren Raya 158 paket, Kahayan Tengah 119 paket, Banama Tingang 106 paket, Maliku 579 paket, Sebangau Kuala 143 paket, Pandih Batu 463 paket, dan Kahayan Kuala 484 paket.

Elieser Jaya mengatakan mengatakan, paket komoditi yang dijual di pasar murah ini terdiri dari beras 5 kg dengan kualitas premium 5 persen yakni kadar airnya 5 persen dan butir berasnya tidak ada yang pecah. Selain itu terdapat 2 kg gula pasir dan 2 liter minyak goreng seharga Rp155.500,- yang dapat diperoleh hanya dengan menebus Rp18.000,-.

“Jadi Rp137.500 itu disubsidi oleh pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau, masyarakat cukup menyediakan uang Rp.18.000 saja,” ucap Elieser.

Dikatakan Eliezer, dari hasil rapat dengan pemerintah kecamatan beberapa waktu lalu, bagi yang mendapat kupon untuk menebus paket ini tidak boleh diwakilkan selain anggota keluarga yang terdaftar di Kartu Keluarga (KK).

“Jadi tidak boleh dititipkan orang lain selain anggota keluarga yang telah terdaftar di KK. Makanya salah satu syarat untuk menebus paket sembako ini adalah foto copy KTP dan KK, dengan begitu harapannya paket sembako ini jelas dan tepat sasaran,” jelasnya.

Karena tujuan dari kegiatan pasar murah kata Eliezer, ini adalah untuk menghapus kemiskinan ektrim di Pulpis dan targetnya adalah akhir tahun 2024 ini harus nol persen. Sehingga tegasnya, syarat dan ketentuan pengambilan paket komoditi di pasar murah ini harus dipahami dan dimaklumi bersama.

” Jadi jika dititipkan sama tetangga atau orang lain diluar anggota yang tercantum dalam KK, tidak akan dilayani, ” tukasnya.

Elieser berharap kegiatan pasar murah ini dapat membantu masyarakat dan dapat mengentaskan kemiskinan ektrim sesuai dengan target tahun 2024 di Pulpis nol kemiskinan ektrim. c-mye