Hukrim  

4 Ruko Ludes Terbakar di Pahandut Seberang 

TABENGAN/FERY JADI ARANG – Sebanyak 4 ruko hangus terbakar di kawasan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya, Minggu (20/10).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Kebakaran menghanguskan empat ruko di kawasan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya, Minggu (20/10). Sebanyak tiga dari empat ruko yang terbakar dalam keadaan kosong tanpa penyewa.

Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kota Palangka Raya, Sucipto mengatakan menurut saksi yang berada di seberang ruko, api berasal dari bagian belakang.

“Pada ruko itu diketahui ada aliran listrik. Ada kulkas yang terpasang di sana. Sementara penyewa ruko tengah keluar untuk mengantar pesanan kayu,” katanya.

Ia menerangkan, saksi mulanya mengira jika asap yang berada di bagian belakang ruko bekas Bakaran tabak telur yang biasa dipakai untuk mengusir nyamuk.

Namun ternyata asap semakin besar dan berwarna hitam. Hingga akhirnya saksi panik mendapati api berkobar membakar empat ruko yang posisinya berdempetan.

“Api cepat membakar karena konstruksi ruko terbuat dari kayu,” jelasnya.

Sementara, Kapolsek Pahandut Kompol Volvy Apriana mengatakan, bangunan tersebut dalam keadaan kosong sekitar 1 tahun dan hanya satu ruko ditempati oleh korban bernama Martasiah.

Api menjalar dengan cepat ke ruko kosong dan membakar seluruh bangunan ruko yang terbuat dari lantai kayu, dinding kayu dan atap seng dengan ukuran seluruh bangunan ruko  12 kali 10 meter.

“Sementara diduga korsleting. Diperkirakan kerugian sekitar Rp400 juta. Lainnya masih dalam penyelidikan,” pungkasnya. fwa