Agustiar Sabran-Edy Pratowo Gelar Pasar Rakyat Huma Betang Jalan Adonis Samad

DUKUNG UMKM-Agustiar Sabran ketika berfoto bersama pelaku UMKM. Pasar Rakyat Huma Betang, diselenggarakan di Rumah Pemenangan Koalisi Huma Betang Jalan Adonis Samad Palangka Raya, Sabtu (19/10). Pasar Rakyat Jumat Betang akan berlangsung selama tiga hari sejak 19-20 Oktober 2024.FOTO ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Pasar Rakyat Huma Betang digelar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agustiar Sabran-Edy Pratowo sebagai wujud mendukung UMKM di Kalteng.

Diikuti ratusan UMKM di Palangka Raya, Pasar Rakyat Huma Betang, diselenggarakan di Rumah Pemenangan Koalisi Huma Betang Jalan Adonis Samad Palangka Raya, Sabtu (19/10).

Pasar Rakyat Jumat Betang akan berlangsung selama tiga hari sejak 19-20 Oktober 2024.

Agustiar Sabran mengatakan, dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal, ia berupaya menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM, yang merupakan tulang punggung perekonomian.

“Saya sampaikan komitmen ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan pengangguran dan peningkatan daya saing daerah,” katanya.

Ia menegaskan, UMKM merupakan garda terdepan untuk kesejahteraan masyarakat sehingga harus didukung karena menyangkut perekonomian masyarakat.

“Ke depan kita akan terus aktif mengembangkan UMKM dengan berbagai program yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha kecil. Seperti melalui pelatihan dan workshop, yakni mengadakan pelatihan keterampilan dan manajemen bisnis bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan,” jelasnya.

Jika terpilih, lanjut Agustiar, ia akan mendorong lembaga keuangan untuk memberikan akses kredit yang lebih mudah bagi UMKM, serta menyediakan bantuan dana hibah. Lalu, pemasaran dan promosi dengan membantu UMKM dalam memasarkan produk mereka melalui platform digital dan pameran lokal, agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

“Tak kalah penting, konsultasi bisnis dengan menyediakan layanan konsultasi untuk membantu pelaku UMKM dalam merumuskan strategi bisnis yang efektif.Sampai kolaborasi dengan pemerintah dan swasta, dengan membangun kemitraan antara UMKM, pemerintah, dan sektor swasta untuk menciptakan ekosistem yang mendukung,” ungkapnya.

Sementara, Siti, salah satu pelaku UMKM,  memberikan apresiasi luar biasa atas langkah nyata program-program yang pro rakyat yang menyangkut kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

”Intinya ini bukti UMKM kami di dukung, semoga kesejahteraan ekonomi masyarakat terus lebih baik dibawah pimpinan beliau nanti,” pungkasnya. fwa