Taty-Joni Berniat Bangun Wisata Religi

KAMPANYE – Paslon nomot 2, Taty-Joni bersama para pendukungnya yang sangat setia hadir saat kampanye. ISTIMEWA

PULANG PISAU/TABENGAN.CO.ID – Tim pemenangan nomor urut 2 (Dua) Pudjirustaty Narang dan Joni (Taty-Joni), Gunawan, Kamis (24/10), menyampaikan pada debat publik pertama, paslon Taty-Joni berhasil unggul dan mampu menyampaikan secara lugas pertanyaan dari para panelis dengan program kerja dan visi-misi Taty-Joni untuk lima tahun mendatang.

Seperti  program pariwisata, paslon Taty-Joni mampu menjelaskan dan menyampaikan cita-cita paslon Taty-Joni jika diberikan kepercayaan oleh masyarakat, baik itu mengembangkan wisata kuliner di area Taman Sumbu Kurung dan adanya susur sungai, wisata di Area Food Estate. Selesai panen padi maka juga diramaikan dengan adu atau lomba layang-layang dan juga wisata kulinernya.

Juga akan ada wisata religi di area Masjid Agung Ar Raudhah dengan tersedianya joging track seperti di beberapa daerah, yakni masjid agung Al-Akbar Surabaya, dan beberapa tempat lainnya.   “Wisaya Religi ini cita-cita Taty-Joni, lingkungan Masjid Agung itu akan betul-betul dijadikan sebagai pusat pendidikan keagamaan baik dari tingkat anak-anak sampai ramaja,” jelasnya.

Di area masjid agung betul-betul nantinya akan dilengkapi sarana prasarananya, baik taman bermain dan berbagai macam sarana pendukung ramah anak. Anak-anak keimanannya didekatkan dengan Masjid Agung dan menambah kecintaan terhadap tempat ibadah.

Masjid Agung Ar Raudhah adalah masjid terluas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Masjid ini terletak di Jalan Abel Gawei atau Rei II Arah Pelindo, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.  Saat diwawancarai awak media, tokoh agama yang juga Ketua MUI Kabupaten Pulpis Ustad Suryadi mengatakan,  pembangunan Masjid Agung merupakan niat tulus dan mulia yang diutarakan H Achmad Amur, Bupati pertama, untuk mendirikan Masjid Agung.

“Alhamdulillah, mendapatkan respons positif. Kemudian dilakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan pembangunan Masjid Agung tersebut,” ucap Ustad Suryadi. Setelah mendapat respons positif dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kabupaten Pulang Pisau H Achmad Amur pada 2003 lalu, kemudian panitia pembangunan Masjid Agung mendapatkan hibah tanah seluas 2 Ha dari Almarhum Pak Berlin.

Lebih lanjut disampaikan, Masjid Agung sekarang ini terus berkembang, dan juga mendapat dukungan Pudjirustaty Narang saat menjabat Bupati Pulpis, dan terus berlanjut dilakukan pembangunan sarana dan prasarana lainnya. Seperti taman, fasilitas pendukung seperti tempat pendidikan dan fasilitas lainnya.

Artinya kata Ustad Suryadi, untuk bangunan pokoknya (Masjid) sudah ada. Tinggal melengkapi sarana dan prasarana pendukungnya saja. Seperti taman dan sarana pendukung pendidikan sekolah agama Islam. Karena, membangun Masjid juga harus dibarengi juga dengan membangun Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. “Artinya begini. Membangun masjid itu juga harus dibarengi dengan membangun SDM untuk mengisi masjid. Kalau kita bangun masjid dan kosong tidak ada jemaahnya, ya percuma juga,” tegas Ustad Suryadi.

Oleh karena itu, dengan adanya fasilitas pendidikan di lingkungan Masjid Agung Ar-Raudhah ini kedepan, pihaknya berharap dapat menciptakan SDM-SDM yang unggul dan berakhlak mulia. “Karena selain tempat untuk menunaikan ibadah salat, masjid juga diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam khususnya di Kabupaten Pulang Pisau,” tutup Suryadi. Artinya, apa yang di sampaikan Calon Wabub Pulpis Joni pada saat debat publik perdana sudah sejalan dan senada dengan keinginan masyarakat dan tokoh agama setempat.   c-mye