HARI SUMPAH PEMUDA-AGI-SAJA: Pemuda Itu Tenaga Kemajuan Barito Utara

Akhmad Gunadi Nadalsyah & Sastra Jaya

MUARA TEWEH/TABENGAN.CO.ID Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tidak hanya dilihat sebagai seremonial belaka atau momentum tahunan memperingati perjuangan para pemuda puluhan tahun silam untuk kemerdekaan Indonesia dengan berbangsa satu, berbahasa satu dan bertanah air satu. Lebih dari itu, Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian harus dilihat sebagai momentum menjadikan pemuda di Indonesia umumnya dan Barito Utara khususnya sebagai tenaga kemajuan.

Dalam konteks Sumpah Pemuda tahun ini, pasangan Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya (AGI-SAJA) berpandangan, Sumpah Pemuda saat ini harus dimaknai sebagai sebuah gerakan dari kaum muda untuk memajukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam berbagai aspek kehidupan demi Indonesia yang adil dan makmur saat ini dan nanti.

“Perjuangan para pemuda kita saat itu yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu tentu sangat kita hargai dan ucapkan berlimpah terima kasih,” ujar calon Wakil Bupati Barito Utara Sastra Jaya saat dijumpai di lokasi kampanye dialogis di Desa Ipu, Kecamatan Lahei, Minggu (27/10).

“Penghormatan terhadap para pemuda kala itu tidak hanya dengan acara seremonial, tetapi lebih dari pada itu, sebagai generasi pemuda saat ini harus turut berkiprah dalam kemajuan bangsa dan negara, baik di tingkat lokal maupun nasional,” tambah politisi PDIP itu.

Saat ditanya terkait peran pemuda dalam pembangunan Barito Utara, Sastra mengatakan keterlibatan pemuda dalam pembangunan sebagai tenaga kemajuan adalah sebuah keharusan. Dan saat ini pasangan AGI-SAJA adalah jawabannya.

“Kaum muda itu adalah tenaga kemajuan. Untuk sebuah kemajuan Barito Utara lebih baik dalam banyak aspek kehidupan, maka saatnya yang muda melanjutkan,” ujar Akhmad Gunadi Nadalsyah, Minggu.

Menurutnya, yang muda itu identik dengan energik, idealisme dan memiliki cita-cita yang tinggi. Apalagi saat ini kita sudah, sedang dan akan hidup berdampingan dengan kemajuan digitalisasi. Itu bidangnya kaum muda.

Mewujudkan keterlibatan kaum muda dalam pembangunan Barito Utara, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya akan mendorong pembangunan sumber daya manusia bagi generasi muda dengan berbagai program prioritas.

“Kita siapkan pendidikan gratis, pelatihan keterampilan gratis dan serta stabilitas internet di pelosok-pelosok Barito Utara agar ekonomi digital yang menjadi bagian dari kaum muda bisa tumbuh,” tutur Sastra.

“Untuk generasi muda yang saat ini sedang berkuliah di luar wilayah Barito Utara, kita akan menciptakan peluang-peluang kerja dan memberikan modal usaha agar mereka bisa kembali membangun Barito Utara bersama AGI-SAJA,” tambahnya. old