Hukrim  

Hotel dan Puluhan Ruko Terbakar, Agustiar dan Pemkab datangi Korban Kebakaran

PEDULI WARGA-Agustiar Sabran ketika meninjau lokasi kebakaran di Kuala Kapuas. Tampak ketika Agustiar berbicara dengan salah satu korban kebakaran. Tampak Pj Bupati Kapuas H. Darliansjah bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy saat menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Jalan A Yani, Jalan Suprapto serta Jalan Kolonel Untung Surapati, kemarin.FOTO ISTIMEWA

KUALA KAPUAS/TABENGAN.CO.ID – Kebakaran hebat melanda Kota Kuala Kapuas, Sabtu (26/10) sore sekitar pukul 16.30 WIB. Sebuah hotel, tiga rumah makan, puluhan ruko, dan beberapa rumah warga di kawasan Jalan A Yani, Jalan Suprapto serta Jalan Kolonel Untung Surapati, hangus dilalap api.

Walaupun tempat kejadian kebakaran tepat di depan Kantor Satpol PP dan Damkar serta beberapa BPK swasta, namun karena sulitnya untuk mencari sumber air ditambah kondisi air di DAS Murung dalam posisi  surut, membuat  petugas Damkar Pemkab dan puluhan  BPK Swasta yang cepat datang ke lokasi kewalahan untuk menjinakkan kobaran si jago merah.

Dari pantauan media ini yang langsung berada di TKP, akibat sulitnya mencari sumber air dan posisi awal kobaran api berada di belakang pertokoan, hotel dan rumah makan, terpaksa harus mengambil air di DAS Murung. Petugas harus memasang atau menyambung selang yang cukup panjang, sehingga membuat semburan air yang diarahkan ke kobaran api tidak bisa maksimal untuk proses pemadaman.

Api baru dapat dipadamkan petugas gabungan BPK dan Damkar  kurang lebih dua jam. Sementara musibah kebakaran ini sendiri  sudah ditangani oleh aparat Kepolisian baik dari Polsek Selat dan Polres Kapuas untuk  penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui darimana  asal muasal  titik api hingga kebakaran hebat ini terjadi sekaligus melakukan pendataan berapa jumlah ruko, rumah tempat tinggal warga yang terbakar.

Bantuan Berdatangan

Pj Bupati Kapuas H Darliansjah didampingi Sekda Kapuas Septedy melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran di Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Selat Hilir, Minggu (27/10).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang terdampak musibah kebakaran. Bantuan tersebut berupa uang kepada warga serta perlengkapan sekolah bagi siswa. Pj Bupati juga menyempatkan bercakap-cakap dan memberikan semangat kepada warga yang tertimpa musibah.

Calon Gubernur Kalteng Agustiar Sabran juga tampak datang ke lokasi tersebut. Dia menyampaikan turut berduka atas kerugian yang dialami warga yang menjadi korban. Agustiar juga menyampaikan apresiasinya terhadap petugas pemadam kebakaran yang cukup lama berjuang mengatasi kebakaran pada saat kejadian agar tidak meluas ke bangunan lain. c-yul/ist